Kesalahan Pemilik Hunian Yang Harus Dihindari Demi Hemat Budget Saat Menggunakan Jasa Renovasi Rumah Yogyakarta

Posting pada 05 May 2020 # Jasa Renovasi Rumah Yogyakarta


Kegiatan renovasi seharusnya menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, namun ternyata kegiatan ini justru menjadi sarana untuk menguras kantong pemilik rumah. Padahal, pemilik rumah sudah menggunakan bantuan jasa renovasi rumah Yogyakarta.

Keberadaan jasa renovasi rumah, terutama jasa renovasi rumah Yogyakarta seharusnya sangat membantu, namun seringkali pemilik hunian kerap kali melakukan kesalahan yang tak disadari hingga membuat biaya renovasi membengkak.

Kesalahan renovasi ini tidak hanya mengacaukan rencana anggaran saja, namun juga dapat menyita waktu hingga energi yang membutuhkan solusi cepat, sehingga pemilik hunian dibuat stress akan hal ini.

Sebagai pemilik hunian sebaiknya Anda tidak melakukan kesalahan agar terhindar dari biaya yang membengkak nantinya. Ada beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan oleh pemilik hunian, yaitu:
  1. Tidak Fokus Pada Keinginan
    Renovasi dilakukan karena adanya kebutuhan, bukan keinginan. Proses renovasi dilakukan tidak hanya untuk memperindah hunian, namun proses renovasi juga dilakukan untuk menyempurnakan tampilan yang mungkin saja kurang sempurna atau memperbaiki jika terjadi adanya kerusakan.

    Sayangnya, saat proses renovasi tengah berlangsung, pemilik hunian terkadang justru lebih fokus terhadap interior yang diinginkan dibandingkan fokus terhadap hal yang seharusnya diperbaiki. Inilah yang membuat biaya renovasi mengalami pembengkakan, walaupun jasa renovasi rumah Yogyakarta telah memberikan rencana anggaran biaya sebagai acuan.

  2. Budget Kurang Realistis
    Rencana anggaran biaya yang didasarkan pada kebutuhan memang sangat diperlukan, namun bukan berarti kita harus memangkas anggaran dan mengabaikan kualitas. Misalnya saja Anda tidak memperkirakan anggaran yang dibutuhkan nantinya dan tidak mempertimbangkan harga material yang tiba-tiba naik.

    Biaya renovasi yang terlalu kecil hanya akan membuat Anda memilih material dengan harga murah, bukan berdasarkan kualitas. Jika begini, maka renovasi rumah bukannya memenuhi kebutuhan, namun justru menambah pengeluaran di kemudian hari.

  3. Perbaikan Banyak Hal Dalam Satu Waktu
    Jaman yang semakin modern membuat kebutuhan renovasi kian banyak. Mungkin saja Anda tidak hanya perlu membenahi keran air atau atap yang mengalami kebocoran, namun Anda membutuhkan tambahan ruangan untuk si kecil yang semakin beranjak dewasa.

    Jika anggaran renovasi yang Anda miliki sangat terbatas, maka Anda sebaiknya renovasi hunian berdasarkan kebutuhan yang mendesak, bukan keinginan.

  4. Perubahan Rencana Renovasi Secara Mendadak
    Saat proses renovasi tengah dilakukan, maka cobalah berkomitmen pada rencana awal yang telah disepakati. Perubahan rencana yang terjadi ditengah proses renovasi justru akan membuat proses renovasi kacau diikuti biaya yang membengkak.

    Biasanya perubahan dilakukan setelah proses renovasi hamper selesai dilakukan, misalnya saja saat wallpaper telah dipasang ternyata Anda kurang puas dengan motifnya. Jika begini, maka jasa renovasi rumah Yogyakarta akan bekerja dua kali untuk melepas wallpaper dan memasang motif yang baru.

  5. Tidak Mencari Solusi Atas Kendala
    Walaupun telah direncanakan oleh jasa renovasi Yogyakarta, rencana tetaplah rencana dan bisa saja tidak berjalan semestinya hingga di luar ekspektasi kita. Banyak kendala yang bisa saja datang, terutama dari sisi molornya pengerjaan, pekerja bangunan yang lebih sulit dari perkiraan, dan lainnya. Siapkan setidaknya 15-20% dari anggaran renovasi untuk mengantisipasi terjadinya pengeluaran tambahan.

  6. Mengabaikan Jasa Profesional
    Untuk menghemat budget, mungkin Anda menginginkan renovasi rumah secara mandiri, namun bagaimanapun juga proses renovasi tetap saja membutuhkan bantuan dari tim profesional, seperti jasa renovasi rumah Yogyakarta.

    Saat memutuskan untuk merenovasi hunian Anda sendiri tanpa keahlian khusus, maka proses renovasi beresiko mengalami kegagalan. Jika begini, bukannya menghemat pengeluaran, namun kerusakan justru akan memaksa Anda untuk mengeluarkan biaya perbaikan.

    Tidak ada salahnya memanfaatkan jasa renovasi rumah, jasa arsitek, hingga jasa desainer interior untuk membantu proses renovasi. Dengan bantuan orang yang mumpuni di bidangnya, maka proses renovasi akan menjadi lebih efisien. Namun, Anda harus jeli dan teliti dalam memilih jasa renovasi rumah ini.

    Apakah Anda melakukan kesalahan di atas? Jika memang ingin mengurangi budget renovasi, maka hindarilah kesalahan dalam proses renovasi ini. Selain itu, lakukan perawatan hunian secara berkala agar uang yang telah dikeluarkan untuk renovasi tidaklah sia-sia.

    Jika memang ingin merenovasi rumah, coba manfaatkan jasa renovasi rumah Yogyakarta. Sebagai kota pelajar, tentu banyak jasa renovasi rumah berkualitas di kota ini. Tak masalah berinvestasi sedikit untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Skema Sederhana Untuk Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Walaupun proses renovasi bukanlah mendirikan hunian, namun tetap saja ia membutuhkan perencanaan yang matang dan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda memang berencana untuk merenovasi rumah, maka cobalah untuk merencanakan budget renovasi dengan mempertimbangkan hal dibawah ini:
  • Membuat Skala Prioritas
    Saat renovasi, buatlah prioritas yang harus didahulukan, misal adanya pipa air yang bocor, atau atap bocor, maka ini harus didahulukan. Jangan sampai Anda malah mendahulukan mengecat rumah, padahal masih ada atap yang bocor. Jika begini, maka sama saja Anda harus mengeluarkan uang kembali untuk biaya perbaikan.

    Membuat skala prioritas juga akan membuat pengeluaran menjadi lebih terencana dan terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu. Jadi, apa prioritas Anda?

  • Biaya Tukang
    Setelah membuat skala prioritas, maka saatnya menghitung rincian yang diperlukan untuk biaya tukang. Biaya inilah yang nantinya akan memakan biaya yang signifikan. Ada dua metode pembayaran yang dapat digunakan, yaitu metode pembayaran borongan dan harian.

    Sesuaikan pembayaran dengan proyek renovasi yang dilakukan. Jika proses renovasi dilakukan untuk hunian besar, maka sebaiknya pilih sistem pembayaran borongan. Akan terlalu mahal jika memilih sistem pembayaran harian. Terlebih biaya ini biasanya belum termasuk biaya material.

    Jika ingin terima beres, Anda bisa memilih sistem pembayaran borongan penuh, dimana biaya sudah termasuk biaya material dan tukang. Anda tak perlu cemas. Namun, paket ini tentu dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

    Untuk memilih jasa pembayaran Borongan penuh, maka Anda harus memastikan jasa renovasi pilihan Anda adalah terpercaya. Sistem pembayaran borongan penuh ini sangat cocok untuk Anda yang kurang memahami mengenai material dan tak ada waktu untuk berbelanja material. Anda juga tidak perlu memikirkan akomodasi dan konsumsi, karena biaya yang dikeluarkan sudah termasuk biaya tersebut. Benar-benar terima jadi dan beres.

  • Pemilihan Material
    Material sangatlah berperan penting dalam sebuah hunian, karena sifatnya jangka panjang. Pastikan Anda memilih material yang berkualitas. Salah dalam pemilihan material hanya akan membuat hunian Anda tidak berumur panjang. Material yang tidak berkualitas juga hanya membuat ketahanan rumah tidaklah terjamin.

    Anda bisa meminta jasa renovasi rumah Yogyakarta untuk memilih material berkualitas. Walaupun biaya yang dikeluarkan mahal, namun tak ada salahnya berinvestasi untuk hunian Anda agar awet dan memiliki daya tahan yang baik.

  • Langkah Awal
    Pastikan Anda teliti dalam menentukan biaya renovasi rumah. Untuk langkah awal, fokuskan ada pembelian material utama hingga finishing (kebutuhan utama) untuk selanjutnya dilanjutkan ke bagian dekorasi (kebutuhan sekunder).

    Sebaiknya difokuskan pada rencana awal dan hindari merubah desain yang telah direncanakan, karena hanya dapat menyebabkan pembengkakan biaya.


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa