Banner Kenapa Karpet Perlu Dibersihkan? Simak Jawabannya

Kenapa Karpet Perlu Dibersihkan? Simak Jawabannya

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 09 Jan 2023


Penggunaan karpet memang cukup fungsional di rumah. Bukan hanya sekedar mempercantik rumah saja, namun juga melindungi orang rumah agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai yang dingin. Seperti barang lainnya karpet pasti akan kotor, maka itu karpet juga perlu dibersihkan.

Membersihkan karpet sebaiknya dilakukan setidaknya seminggu sekali. Utamanya bagi Anda yang mempunyai binatang peliharaan sebaiknya membersihkan karpet lebih 1 kali dalam seminggu. Akan lebih baik jika Anda memanggil jasa pembersih karpet, setidaknya 6 bulan sekali.

Dampak Karpet Tidak Pernah Dibersihkan

Karpet perlu dibersihkan supaya tidak mendatangkan banyak masalah bagi kesehatan anggota keluarga. Hal ini jelas karena debu, kuman, bahkan virus berbahaya lama-lama akan menumpuk dan bisa mengakibatkan:

Alergi

Bagi Anda yang punya kondisi alergi dengan debu. Sebaiknya lakukan pembersihan karpet dengan rutin. Jika tidak dibersihkan, partikel dari debu yang ada pada karpet dapat terhirup dan membuat reaksi alergi pada tubuh Anda. Seperti batuk, bersin-bersin, bahkan bisa mendadak pusing.

Muncul Iritasi Kulit

Bukan hanya alergi, karpet kotor bisa membuat iritasi kulit, baik itu eksim, gatal-gatal, kemerahan dan sebagainya. Meski sudah muncul masalah ini dan Anda tetap membiarkan karpet kotor, maka berhati-hatilah bisa jadi akan ada masalah kulit yang lebih parah, seperti jamur.

Gangguan Pernapasan

Debu dan kotoran yang menempel pada karpet, lama kelamaan akan mengganggu pernapasan anggota keluarga. Kondisi ini lebih berbahaya bagi anggota keluarga yang mempunyai asma. Jadi, pastikan Anda membersihkan karpet dengan rutin.

Penyakit Akibat Hewan

Bagi yang punya binatang peliharaan, pasti mereka akan menggunakan karpet sebagai tempat bermain. Saking seringnya mereka bermain membuat bulu, sisa makanan, atau kotoran tersisa di atas karpet.

Kadang ada kecoa dan tikus yang tanpa Anda ketahui berseliweran di atas karpet. Hewan-hewan tersebut bisa meninggalkan kotoran yang kemungkinan besar membawa penyakit, misalnya diare, salmonella, sampai disentri.

Manfaat Karpet Dibersihkan

karpet bersih

Karpet perlu dibersihkan karena bisa membawa dampak positif pada rumah dan penghuninya, seperti:

Aliran Udara Lebih Baik

Karpet kotor bisa menghalangi aliran udara dalam rumah. Ketika karpet penuh dengan kotoran, debu, aliran udara pasti terganggu. Maka, dengan menyedot debu dengan teratur, akan menghilangkan seluruh kotoran. Alhasil sirkulasi udara di rumah tetap lancar dan semakin meningkat.

Menampilkan Nuansa Rumah Lebih Baik

Karpet kotor warnanya pasti berubah, terlihat kusut dan jorok. Sesudah dibersihkan maka tampilan dan nuansa karpet akan berubah lebih cerah dan tidak kusut. Karpet yang bersih membuat rumah juga terlihat bersih.

Suasana Ruangan Jadi Nyaman

Karpet yang bersih berdampak pada ruangan rumah yang terasa lebih nyaman dari sebelumnya. Alasannya, setelah bersih warna kembali cerah, dan wangi

Tidak Mudah Sakit

Karpet bersih penghuni rumah sehat. Alasannya tidak ada debu, kotoran, dan virus yang bisa bersarang bebas di karpet tersebut. Makanya Anda harus pintar-pintar mengatur waktu untuk membersihkan karpet rumah.

Menghilangkan Bau Menyengat di Rumah

Karpet bersih berpengaruh terhadap aroma rumah Anda. Jadi, rumah lebih wangi, segar, dan ini berpengaruh terhadap kesehatan pernapasan penghuni rumah.

Jelas bahwa karpet perlu dibersihkan karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan penghuni rumah. Oleh karena itu, silakan cek karpet Anda dan lakukan pembersihan dengan rutin mulai dari sekarang. Bila Anda membutuhkan interior perlengkapan rumah, Mitrarenov siap menyediakannya.

Artikel Serupa

Banner Berita Kenali jenis-jenis tangga yang cocok untuk hunian anda

Kenali jenis-jenis tangga yang cocok untuk hunian anda

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 31 Jul 2023

Saat ingin membangun rumah tingkat, anda harus menentukan jenis tangga rumah. Kira-kira, jenis mana yang cocok untuk hunian anda? Yuk cek disini ...

Banner Berita Kaca Tempered Lebih Aman dari Kaca Biasa? Yuk Pelajari Lebih Lanjut!

Kaca Tempered Lebih Aman dari Kaca Biasa? Yuk Pelajari Lebih Lanjut!

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 08 Dec 2022

Kaca tempered lebih aman dibanding kaca biasa? Yuk simak jawabannya berikut ini ...

Banner Berita Tampil Trending Ala Milenial Dengan Kitchen Industrial Masa Kini

Tampil Trending Ala Milenial Dengan Kitchen Industrial Masa Kini

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 12 Sep 2019

Disini konsep industrial style sangat cocok untuk kitchen kaum milenial, dimana mereka sangat menghargai penggunaan kembali akan daur ulang seperti pipa sebagai pengait lampu, atau juga bisa menggunakan benda-benda yang ada di sekitarnya namun tetap berkelas, elegan dan canggih ...

Banner Berita Lantai vinyl dan parket ? Harga murah atau kualitas yang bagus?

Lantai vinyl dan parket ? Harga murah atau kualitas yang bagus?

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 25 Dec 2019

Banyak orang mengira lantai parket selalu lebih bagus dari vinyl, padahal masing-masing punya keunggulan dan kekurangannya lho. Yuk simak disini informasinya ...

Konsultasi Gratis