Jasa Pembuatan Rumah Minimalis yang Menjadi Trend Bangunan Kekinian

Posting pada 21 Aug 2018 #


Beberapa tahun belakangan ini trend minimalis sering dipakai oleh kebanyakan orang karena dinilai mempunyai nilai tersendiri yang mampu menarik minat mata. Baik itu untuk usaha, fashion, maupun diterapkan pada sebuah bangunan, yaitu rumah yang mana sebagai tempat hunian bagi manusia.

Tentunya kita pasti senang jika menempati rumah yang mempunyai desain yang unik dan mampu memanjakan mata bukan? Sehingga fungsi rumah yang tadinya hanya sebatas untuk tempat tinggal saja juga dapat menambah nilai estetika yang lebih bagus ketika dilihat pribadi maupun oleh orang lain saat berkunjung.

Berbicara mengenai jasa pembuatan rumah minimalis, tahukah Anda arti dari minimalis pada rumah itu sendiri? Pada dasarnya, rumah minimalis merupakan sebuah bangunan yang mengusung konsep dengan pengaturan perabotan rumah tangga sedikit mungkin karena desain yang dirancang memang menggunakan model minim.

Awal mulanya rumah minimalis yang banyak dibangun dan sudah kerap dilihat ini terinspirasi dari kebiasaan orang yang berasal dari Jepang yaitu Zen. Di mana dirinya menyebut bahwa hanya dengan sedikit peralatan yang dimiliki dapat membuat rumah yang ditempati semakin nyaman dan juga tenang.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum memilih jasa pembuatan rumah minimalis

Di era yang sudah serba modern ini, masyarakatnya pun juga mengusung hunian yang kekinian pula. Di mana konsep minimalis menjadi konsep favorit banyak orang. Trend ini sering sekali kita jumpai di berbagai perumahan yang bernuansa reguler dan bahkan sampai cluster tertentu. Bahkan, tak jarang model rumah di berbagai perkampungan pun juga mengikuti trend minimalis ini.

  1. Pastikan pencahayaannya baik
    Meskipun mengusung konsep minimalis, bukan berarti Anda dapat membangun rumah untuk hunian Anda seenaknya saja. Tetapi pastikan bahwa posisi ruangan yang akan Anda dirikan sebaiknya disesuaikan dengan sinar matahari sehingga mendapatkan pencahayaan yang bagus nantinya.

  2. Peletakkan bagian ruangan yang pas
    Anda tidak harus membangun rumah yang besar hanya karena harus atau ingin melakukannya saja. Tetapi pastikan bahwa rumah tersebut fungsional. Sebab rumah yang besar belum tentu lebih nyaman dan lebih bagus. Alangkah lebih baiknya jika Anda membangun ruangan pada rumah minimalis Anda dengan melihat fungsi dan juga fleksibilitasnya sehingga dapat berguna di masa sekarang maupun yang akan datang.

  3. Siapkan anggaran biayanya
    Sebelumnya, buat estimasi biayanya terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan penyedia jasa pembuatan rumah minimalis tersebut. Cara memulainya sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu membuat rincian biaya yang detail pada saat melakukan perhitungan satu per satu dari segala macam kebutuhan rumah minimalis impian Anda.

    Karena hal tersebut dirasa ribet, maka banyak orang yang memutuskan untuk menentukannya secara langsung tanpa perlu merencanakan detail biayanya pada saat akan membangun rumah minimalis. Sebagai contoh, apabila luas suatu bangunan sebesar 100 meter persegi dan harga jasanya sekitar Rp 3 juta per meter perseginya maka total biaya yang dibutuhkan sudah pasti sebesar 300 rupiah saja.

    Padahal, contoh tersebut hanya lah estimasi maupun dugaan sementara saja dengan anggapan matematika sederhana. Kenyataannya, pembangunan rumah minimalis tidak sesimpel yang dibayangkan seperti itu.

    Maka dari itu, apabila Anda ingin mengetahui dengan pasti anggaran yang dibutuhkan mau tidak mau Anda memang harus menjumlahkan seluruh jumlah kebutuhan dan besarnya ruangan yang akan Anda bangun beserta hal-hal perlengkapan rumah yang digunakan, bahan bangunan maupun material yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.

  4. Pilih jenis tipenya
    Hal yang harus Anda perhatikan saat memilih jenis tipe yang Anda inginkan yaitu pastikan bahwa nantinya rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan lahan bangunan yang Anda miliki, tentunya juga berdasarkan dana yang telah anggarkan. Sebab rumah minimalis mempunyai tipe yang berbeda-beda sehingga harganya pun juga tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Tips Menghemat Pengeluaran Sebelum Memilih Penyedia Jasa Pembuatan Rumah Minimalis

Sebelum memutuskan untuk membangun rumah dengan model minimalis bersama jasa pembuatan rumah minimalis, tentunya Anda harus menghitung kebutuhan biaya yang akan digunakan nantinya. Tak jarang banyak orang seringkali menganggap remeh tentang perencanaan pengeluaran ini karena terlihat simpel. Nah, berikut ini merupakan tips untuk menghemat pengeluaran dalam pembuatan rumah minimalis, di antaranya yaitu:

  1. Biaya untuk tukang bangunan
    Umumnya ada tiga jenis sistem pembayaran yang sering kali berlaku di dalam jasa pembuatan rumah yaitu sistem harian, borongan tenaga, dan juga borongan penuh. Masing-masing tentu mempunyai patokan biaya yang berbeda. Untuk tukang yang menggunakan sistem harian biasanya membutuhkan imbalan sebesar Rp 150.000 sampai dengan Rp. 200.000 per harinya.

    Sedangkan untuk jasa borongan biasanya memiliki biaya yang berkisar antara Rp 600.000 sampai dengan Rp 800.000 per meter persegi. Beda halnya dengan jasa bangun rumah minimalis penuh, biaya yang dikeluarkan pun tentu lebih besar yaitu kurang lebih sekitar Rp 3.500.000 sampai dengan Rp 5.000.000 per meter persegi karena mencakup bahan material maupun pemasangan listrik. Sehingga wajar jika harga yang dimilikinya cukup jauh jika dibandingkan dengan yang lainnya.

  2. Luas bangunan
    Besarnya luas bangunan rumah yang hendak dibangun akan sangat memberikan pengaruh yang besar pada biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Agar lebih hemat lagi saat membangun rumah dengan gaya minimalis, maka Anda dapat menggunakan dua lantai.

    Bahkan, keuntungan lebih yang dapat Anda dapatkan saat membangun rumah minimalis yang mempunyai 2 lantai ini yaitu harga yang ditawarkan relatif lebih murah dan mempunyai hunian yang banyak ruang. Hal ini tak lain karena pada umumnya biaya bangun rumah minimalis 2 lantai memasang harga yang sudah disesuaikan per meter perseginya dikalikan dengan luas bangunan yang dimiliki .

  3. Bahan bangunan
    Pembangunan struktur, pondasi, lantai, atap, genteng, kusen jendela, pintu, maupun pengecatan dinding pada rumah minimalis sangat membutuhkan berbagai bahan material yang baik sehingga Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilihnya sebab rumah akan menjadi tempat tinggal yang digunakan untuk hidup maupun berteduh untuk jangka waktu yang lama.

    Maka dari itu memilih bahan bangunan yang bagus pun sudah sewajibnya Anda lakukan agar rumah Anda tetap awet dan tidak ada kerusakan saat baru beberapa tahun dibangun. Sebisa mungkin utamakan terlebih dahulu kualitasnya baru harganya mengikuti. Jika ada harga yang lebih murah dengan kualitas yang bagus, maka pilihan tersebut merupakan solusi yang tepat untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran.

    Setelah mengetahui tips menggaet harga pembangunan rumah minimalis di atas, kira-kira jika ditotal pembuatannya membutuhkan dana kurang lebih sekitar Rp 300 jutaan sampai dengan Rp 400 jutaan. Angka tersebut tentunya semua itu sudah termasuk dengan biaya pembelian tanah maupun lahan.

    Tetapi jika Anda ingin menghematnya lagi pastikan bahwa Anda juga menyesuaikan dengan memilih bahan material yang lebih murah maupun melakukan negosiasi alias tawar menawar yang baik kepada penyedia jasa pembuatan rumah minimalis tersebut.

    Dengan demikian, anggaran maupun budget yang Anda butuhkan pun dapat terkontrol dengan baik dan rumah impian yang Anda inginkan segera Anda dapatkan tanpa harus mengeluarkan kocek yang lebih banyak lagi.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa