Tips Bangun Rumah Kost Yang Sehat dan Aman

Posting pada 07 Jun 2017 # Rumah Kost, Kontrakan, Kost-kostan, Bangun Kostan. Bangun Rumah Kost


Jika anda memiliki aset berbentuk tanah, investasi dalam bentuk rumah kost adalah pilihan yang cerdas. Apalagi jika lokasi tanah berada di daerah yang strategis. Akan tetapi bagaimana membangun rumah kost atau kostan yang menguntungkan? Berikut sejumlah jurus yang dapat anda terapkan. 

  • Lokasi dan Orientasi
    Lokasi tentu merupakan faktor utama yang menentukan profit sebuah rumah kost. Akan tetapi jangan lupakan arah hadap bangunan, khususnya deret pintu kamar kost. Penyewa, khususnya wanita, umumnya akan memilih kostan yang pintunya dekat atau menghadap jalan, terkena cukup sinar matahari, dan tidak tersembunyi atau gelap.

  • Akses
    Akses yang aman adalah pilihan utama yang menguntungkan baik bagi pemilik maupun penyewa kostan. Usahakan halaman kostan hanya memiliki satu akses agar mudah terawasi bersama. Akses jalan menuju rumah kost juga seringkali menjadi faktor penentu, umumnya akses mobil lebih diminati daripada gang yang hanya bisa dilalui motor.

  • Ventilasi Silang dan Pencahayaan alami
    Faktor lain yang seringkali menjadi pertimbangan calon penyewa adalah kesehatan dan kenyamanan. Rumah kost yang diminati umumnya memiliki ventilasi silang yang baik sehingga udara segar dan tidak pengap, juga pencahayaan alami yang baik sehingga ruang dalam dan kamar mandi tidak lembab.

  • Kemudahan Pemeliharaan dan Perbaikan Utilitas
    Kemudahan pemeliharaan merupakan faktor penting mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis rumah kost. Gunakan material finishing yang sederhana, mudah didapat dan tahan lama seperti cat dinding yang murah perawatannya dan kusen alumunium yang relatif tahan lama.  

    Utilitas bangunan juga penting, karena perbaikan dan perawatannya memakan biaya yang besar. Jika rumah kost anda bertingkat, usahakan kamar-kamar mandi saling bertumpuk agar penggunaan pipa efisien. Peletakan pipa-pipa di luar dinding juga akan memudahkan akses perbaikan dan penggantian. Usahakan jangan ada saluran yang melintang melewati kamar bagian dalam, karena satu kerusakan akan membuat anda membongkar seluruh unit kostan dalam satu deret

  • Ruang Negatif
    Ruang negatif adalah ruang yang tidak terpakai, umumnya tercipta di sudut-sudut atau pertemuan antar bangunan. Ruang ini jika tidak disikapi dengan bijak umumnya terlihat kotor, lembab atau bahkan menjadi penampungan sampah dan barang yang membuat calon penyewa menjauhi rumah kost anda. Manfaatkan tanah kosong menjadi taman atau fungsi lainnya seperti gudang atau rumah pompa. 

  • Sarana dan Prasarana
    Terakhir adalah sarana yang tersedia pada rumah kost. Semakin lengkap sarana dan prasarana yang tersedia, semakin tinggi biaya sewa rumah kost anda. Air panas, dapur di dalam, AC,  sarana parkir dan pos keamanan adalah sarana yang sering dicari penyewa. Tentunya anda tetap harus memperhatikan daerah dan sasaran penyewa rumah kost anda untuk menentukan sarana yang akan anda sediakan.

Baca juga : 7 Jurus Ampuh Amankan Rumah dan Keluarga Dari Pencuri atau Perampok

Selain faktor teknis di atas, masih ada faktor non-teknis yang dapat mempengaruhi profit rumah kost anda. Harga adalah faktor pertama, diikuti oleh kemudahan dan keamanan. Kemudahan pengurusan ijin tinggal dan hadirnya penjaga 24 jam kini menjadi faktor yang sering dicari calon penyewa. Mudah-mudahan artikel ini dapat meluaskan wawasan anda sebelum mulai berinvestasi dengan membangun rumah kost. Selamat membangun.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami