membangun rumah baru atau

Kolom Rumah Anda Keropos? Cegah Sebelum Roboh

Posting pada 03 Apr 2017 # Kolom Keropos, Beton Keropos, Renovasi Rumah Lama


Apakah anda sedang membangun rumah baru atau merenovasi rumah lama? Apakah rumah itu menggunakan struktur beton bertulang? Kadang anda akan menemukan kolom atau balok beton yang tidak tercor dengan sempurna, beton terkelupas hingga terlihat rangkaian tulangan bajanya, hal yang sering disebut dengan beton keropos ini  amat berbahaya bagi rumah anda, karena: 

  1. Jika terjadi pada bagian kolom atau balok yang berfungsi menahan beban, maka kekuatan struktur rumah anda akan berkurang atau bahkan berisiko gagal, dan kegagalan struktur dapat menyebabkan mulai dari keretakan dinding hingga ambruknya rumah. 
  2. Tulangan besi pada bagian yang keropos jadi terekspos cuaca dan kelembaban di luar. Hal ini dapat menyebabkan rusaknya besi akibat karat atau korosi.


Mencegah terjadinya beton keropos hanya dapat dilakukan dengan mengenali penyebabnya, yaitu:

  1. Bekisting kurang bersih, tidak rata, atau tidak terpasang sempurna. Bekisting yang digunakan berulang kali kadang menyisakan kotoran atau sisa coran tertinggal di dalam. Kotoran tersebut akan membuat coran baru tidak tersebar merata. Bekisting yang tidak terpasang dengan baik dapat menyebabkan air atau semen keluar dari bekisting. 
  2. Pemadatan adukan beton yang kurang sempurna akan meninggalkan gumpalan udara, atau area kosong tidak terisi beton. 
  3. Adukan beton yang kurang sempurna. Terlalu banyak air, kurang semen, terlalu banyak agregat, atau adukan yang tidak tercampur dengan baik semuanya dapat menyebabkan beton keropos.
  4. Bekisting yang dibuka terlalu cepat. Saat beton yang belum mengering sempurna sudah dibuka bekistingnya, beton tersebut mudah tercongkel jika terbentur, atau luruh saat tersiram air hujan.
  5. Ukuran dan posisi besi. Ukuran dan posisi tulangan besi yang tidak sesuai dapat menyebabkan selimut beton terlalu tipis sehingga rawan keropos.


Baca juga : RAHASIA TERNAK DUIT melalui KAMAR KOST Lebih DAHSYAT dan AMAN

Jangan khawatir, jika terlanjur terjadi atau jika anda merenovasi rumah lama maka anda bisa memperbaiki struktur tersebut dengan cara sebagai berikut:

  1. Menambal bagian yang keropos dengan bahan grouting. Bahan grouting dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko bangunan, terbuat dari semen, resin atau epoxy. Penambalan dapat dilakukan dengan menambal langsung atau injeksi.


  2. Mempertebal kolom (jacketing) dengan memasang besi tulangan atau wiremesh di luar kolom dan mengecor ulang kolom tersebut. 
  3. Pilihan terakhir adalah pembongkaran dan pengecoran ulang, lakukan hal ini jika keropos terjadi pada sebagian besar struktur. 
Kekuatan struktur yang tidak sesuai rencana atau bahkan kegagalan struktur dapat menjadi bencana bagi anda dan keluarga. Diskusikan syarat pelaksanaan pekerjaan struktur secara rinci dengan kontraktor anda, atau awasi sendiri kondisi struktur rumah saat bekisting baru saja dibuka. Beton keropos bukan sesuatu yang tidak bisa diperbaiki, pastikan anda mendapat partner penyedia jasa konstruksi yang bertanggungjawab. Selamat membangun.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami