Jenis-Jenis Dinding Alternatif Agar Rumah Terlihat Mewah Tanpa Mengeluarkan Banyak Biaya

Posting pada 06 May 2017 # Jenis - Jenis Dinding Alternatif Agar Rumah Terlihat Mewah Tanpa Mengeluarkan Banyak Biaya


Apakah harus dinding bata? Pertanyaan tersebut kadang muncul pada pemilik rumah yang hendak membangun rumah impian seperti anda. Bagi anda yang berjiwa kreatif dan menginginkan tampilan alternatif pada dinding luar rumah, tulisan berikut kami harap dapat membantu anda.

Dinding bata merah, bata ringan atau batako umumnya berfungsi sebagai dinding pendukung atau pengisi struktur yang membantu struktur menyalurkan beban bangunan ke pondasi atau tanah. Oleh karena itu untuk sisi luar / eksterior rumah, bahan alternatif umumnya digunakan sebagai pelapis non-struktural, antara lain:

1. Dinding batu alam.
Pelapis batu alam merupakan bahan alternatif yang saat ini paling banyak digunakan, dapat terbuat dari batu alam asli maupun buatan.



2. Dinding logam.
Bahan logam merupakan alternatif bagi anda yang menyukai tampilan industrial pada fasad rumah anda. Tembaga, alumunium (Alumunium Composite Panel) dan zincalume merupakan bahan yang banyak digunakan sebagai pelapis dinding. Bahan metal dapat digunakan dalam warna aslinya, diberi aneka warna sesuka anda, atau dilubangi dengan pola tertentu (laser-cut).



3.
Dinding kayu.
Dinding kayu masih sering digunakan dalam bentuk susunan papan kayu. Material kayu kini tidak banyak digunakan karena tidak ramah lingkungan, relatif mahal, dan membutuhkan penanganan dan perawatan khusus agar tahan lama.
 

4.
Dinding kaca.
Bagi anda yang menginginkan cahaya alami yang maksimal, perbesar jendela kaca rumah anda hingga menggantikan fungsi dinding. Kaca dapat ditanam pada lantai atau dipasang dengan kusen sehingga dapat dibuka atau digeser.
 

5. Dinding GRC.
GRC (Glassfibre Reinforced Concrete) adalah pelapis dinding berbahan dasar semen yang dicampur dengan bahan fiberglass. Bahan GRC memiliki banyak kelebihan yaitu; relatif ringan tapi kuat, tahan cuaca, dan dapat dicetak dalam bentuk apapun. Tampilan klasik dengan moulding dan desain  kolom yang rumit kini mudah dicapai dengan bahan GRC.



6. Dinding UPVC.
Bahan plastik khususnya UPVC juga telah berkembang menjadi pelapis bangunan. Dinding UPVC memiliki berbagai bentuk dan warna sesuai keinginan anda.



7. Dinding lainnya.
Luaskan wawasan anda, berbagai bahan dapat digunakan sebagai pelapis dinding selama memenuhi kriteria umum dinding non-struktural seperti; tahan terhadap cuaca, tahan benturan ringan, dan anti rayap. Untuk anda yang berjiwa alam, bahan daur ulang dan vertical garden merupakan pilihan yang menarik.



Baca juga : Rumah Impian Bawa Rezeki Bagi Penghuni

Tampilan luar rumah mencerminkan pemiliknya. Finishing cat pada dinding bata mungkin sudah tidak lagi memuaskan anda. Berbagai bahan alternatif dapat menggantikan posisi plester-aci dan cat pada dinding anda. Diskusikan penggunaan bahan alternatif dengan arsitek atau kontraktor anda sebelum memulai proses membangun rumah. Selamat membangun.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami