Ini Dia Cara Mudah Membangun Rumah Menggunakan Penyedia Jasa Kontraktor Rumah Semarang

Posting pada 01 Dec 2020 # jasa kontraktor rumah semarang


Setiap orang sudah pasti ingin membangun rumah impian yang bagus serta nyaman untuk ditempati oleh mereka dan juga anggota keluarganya sendiri. Tapi satu hal yang selalu dikhawatirkan oleh sebagian sebesar orang tak lain adalah prosesnya yang cukup rumit. Sehingga banyak yang mengeluhkan dan tidak tahu harus memulainya dari mana.

Tidak hanya masalah desain interior maupun eksterior saja yang harus diurusi oleh calon pemilik rumah. Melainkan juga berbagai administrasi serta surat perizinan yang lainnya. Dengan begitu menggunakan jasa pemborong bangunan Semarang desain dan rancang bangun kota Semarang Jawa Tengah maupun jasa kontraktor rumah Semarang di sekitar wilayah Anda merupakan pilihan yang paling tepat.

5 Cara Mudah Membangun Rumah Menggunakan Penyedia Jasa Kontraktor Rumah Semarang

Karena tidak tahu harus memulai dari mana dan proses seperti apa yang harus dilakukan maka tak heran jika banyak orang yang kerap membangun rumah mereka menggunakan jasa kontraktor rumah Semarang. Tapi sebelumnya ikuti lebih dulu tips membangun rumah di bawah ini ketika hendak memutuskan untuk menggunakan jasa kontraktor.
  1. Menentukan lokasi, dana, dan desain rumah impian
    Ke tiga aspek di atas merupakan tahapan pertama yang sudah seharusnya Anda perhatikan ketika akan membangun rumah. Selain itu Anda juga harus memperhatikan hal lainnya dengan cara mempertimbangkan anggota keluarga Anda. Sebab nantinya Anda juga akan tinggal bersama keluarga Anda bukan?

    Sebagai contoh, mungkin saja Anda memilih untuk membangun rumah yang agak besar dengan harga yang lebih murah maupun lokasi hunian yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Sehingga nantinya aktivitas Anda di luar tidak terganggu karena tempat tinggal Anda terletak di lokasi yang cukup jauh dan bahkan pelosok. Maka dari itu perhatikan juga jarak rumah Anda ke tempat umum seperti kantor, rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

  2. Membuat gambar layout bersama kontraktor
    Ketika Anda mempunyai gambaran terkait model maupun rancangan desain rumah yang Anda inginkan maka saatnya cari penyedia jasa kontraktor yang tepat sehingga rumah impian Anda bisa segera terwujud nantinya.

    Nah saat proses berdiskusi bersama kontraktor nanti biasanya Anda akan diminta untuk menggambarkan secara detail tentang denah rumah impian Anda secara garis besarnya. Baik itu dari posisi ruangan, jumlah kamar, pemilihan warna cat, model rumah, dan lain sebagainya.

    Tapi sebelumnya pastikan bahwa Anda telah melakukan riset dan menunjukkan referensi gambar yang sudah Anda cari tadi agar semakin jelas. Namun jika Anda menginginkan desain khusus maka Anda dapat mengkonsultasikannya pada kontraktor tersebut karena biasanya mereka juga menyediakan berbagai jasa desain. Baik itu jasa desain interior, jasa arsitek, hingga lighting consultant.

  3. Menentukan rancangan biaya
    Ketika Anda telah mempunyai gambaran kerja untuk rumah impian Anda dari penyedia jasa kontraktor tersebut maka jangan ragu dan segan untuk sekedar bertanya maupun berkonsultasi terkait masalah anggaran biaya yang akan Anda gunakan nantinya. Biasanya setelah desain yang diinginkan sudah fix maka kontraktor tersebut akan memastikan kembali antara budget yang Anda miliki serta kapan target rumah nantinya akan selesai maupun berbagai macam hal lainnya.

    Setelah itu mereka akan menjelaskan tahapan dalam membangun rumah serta apa saja yang harus dipersiapkan. Jika sudah, mereka akan menyerahkan gambaran kerja Anda kepada tim kontraktor untuk dilakukan perhitungan anggaran biaya yang dibutuhkan dari proyek pembangunan rumah Anda.

  4. Baca Juga: Kenali Tugas Kontraktor Sebelum Memakai Jasa Kontraktor Rumah Semarang

  5. Mengurusi kebutuhan legalitas
    Pada saat Anda sudah menyetujui Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah diajukan oleh jasa kontraktor Anda maka langkah selanjutnya yaitu membuat kontrak kerja untuk memastikan bahwa kedua belah pihak mengetahui tugas dan juga kewajiban maupun konsekuensi dari masing-masing. Dengan begitu Anda tinggal mengurus surat Izin Mendirikan Bangunan alias IMB yang biasanya memakan waktu kurang lebih sekitar 3 sampai dengan 4 bulan lamanya.

  6. Memantau progress rumah
    Untuk membuat hasil proyek pembangunan rumah Anda berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya maka Anda dapat menyempatkan diri untuk datang ke lokasi untuk melakukan pemantauan secara langsung setidaknya minimal kurang lebih setiap dua sampai dengan tiga minggu sekali. Dengan begitu Anda pun akan diberikan update informasi mengenai progress hasil kerja mereka di lapangan. Sehingga jika Ada kesalahan atau ada hal yang tidak sesuai ke depannya nanti Anda bisa mengatakannya secara langsung baik kepada mandor maupun pengawas tersebut. Namun satu hal yang perlu Anda ingat yaitu bahwa progress di lapangan sendiri menyesuaikan dengan biaya yang ditangguhkan kepada Anda.

3 Kesalahan yang harus dihindari ketika akan menyewa Penyedia Jasa Kontraktor Rumah Semarang

Tentunya Anda tidak mau jika hasil pembangun rumah Anda nantinya berkualitas buruk dan bahkan tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan bukan? Maka dari itu, hindari ke 3 kesalahan berikut ini sebelum menyewa penyedia jasa kontraktor di wilayah Anda.
  1. Tidak melewati proses pertimbangan dulu
    Hal yang paling penting pada saat akan menggunakan jasa kontraktor rumah tak lain adalah meminta saran dan pendapat orang lain, terutama kepada teman, saudara, atau tetangga Anda terlebih dahulu menentukan pilihan jasa bangun rumah yang tepat.

    Saran yang mereka berikan ini sangat berguna karena biasanya mereka akan memberikan pilihan jasa kontraktor yang memang sudah berpengalaman di bidangnya dan juga terpercaya. Setelah itu Anda pun dapat menanyakan berapakah harga bangunan rumah per m2 di Semarang.

    Belum lagi jika teman atau saudara kenal baik dan dekat dengan kontraktor tersebut maka bisa jadi Anda pun akan mendapatkan harga yang miring karena proses tawar menawar alias negosiasi yang dilakukan berlangsung dengan sangat baik.

  2. Mudah tergoda penawaran yang menarik
    Salah satu hal yang paling sering membuat klien keliru dalam memilih jasa kontraktor adalah karena masalah harganya yang murah. Padahal belum tentu kualitasnya akan baik. Maka dari itu pastikan bahwa Anda tidak terjerumus pada harga jasa kontraktor rumah yang terlalu murah di bawah standar harga pasar yang sudah ditentukan.

  3. Terlalu cepat menanda tangani kontrak kerja
    Terakhir, Anda tidak boleh menyetujui kontrak kerja jasa kontraktor rumah tersebut begitu saja tanpa mengetahui isinya terlebih dahulu secara detail. Pastikan bahwa Anda membacanya dengan baik-baik serta menanyakan hal-hal yang menurut Anda aneh atau dirasa membingungkan. Sehingga mereka pun akan memberikan penjelasan secara jelas dan konkrit. Apabila masih ada keraguan dalam isi kontrak tersebut maka Anda dapat memilih jasa kontraktor yang lainnya.

Nah, itu lah ulasan mengenai beberapa langkah mudah untuk membangun rumah impian Anda beserta ke 3 kesalahan yang wajib hukumnya untuk Anda hindari ketika akan menggunakan penyedia jasa bangun rumah. Selamat membangun rumah ya!

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa