Ingin Merehab Rumah Lama? Baca Tips Berikut Ini Terlebih Dahulu!

Posting pada 22 Dec 2017 # Renovasi rumah lama


Rumah lama anda masih memiliki bangunan yang kokoh sehingga tidak perlu proses renovasi jika terkait ketahanan bangunan. Namun, ada beberapa titik yang ingin anda ubah dengan konsep yang baru atau menciptakan kesan yang lebih menyenangkan bisa menjadikan merehab rumah lama sangat diperlukan. 
Jika memang anda memiliki dana lebih dan ingin melakukan renovasi rumah lama, sebaiknya memperhatikan banyak hal penting terlebih dahulu agar tidak menyesal kemudian hari.

Hal yang harus dihindari saat hendak renovasi rumah lama

Berbeda dengan kerusakan di bagian tertentu yang memaksa anda untuk segera melakukan proyek, proses renovasi rumah lama yang mengubah bagian tertentu pasti memerlukan pertimbangan banyak hal. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan sang pemilik rumah hingga memberikan hasil proyek renovasi yang kurang maksimal. Sebaiknya anda mulai menghindari beberapa kesalahan berikut ini jika ingin hasil renovasi sesuai dengan ekspetasi. 

  1. Membeli bahan material seorang diri
    Keinginan anda mungkin untuk menghemat anggaran atau memilih material yang disukai tanpa ada campur tangan pihak lain saat memutuskan membeli bahan seorang diri. Padahal, anda bisa saja membutuhkan campur tangan pihak kontraktor untuk memilih material terbaik bahkan mendapatkan potongan harga. Pihak kontraktor tentu memiliki relasi yang bagus terkait hal ini dibandingkan anda yang tidak memiliki latar belakang di bidang yang sama.
  2. Kurang persiapan dalama proyek renovasi
    Renovasi rumah lama baik mengubah bagian tertentu atau melakukan proses renovasi secara menyeluruh harus dipikirkan secara mendetail. Anda wajib memperhatikan cat dinding yang ingin digunakan, perubahan bahan lantai misalnya keramik menjadi kayu atau hal vital lain. Hal ini pula yang akan membuat anda memiliki estimasi pengeluaran proyek renovasi. Kurangnya persiapan dalam membangun renovasi bisa saja membuat anda melakukan tindakan buru-buru yang akan membuat hasil kurang bagus.
  3. Jangan terlalu memikirkan detail kecil
    Saat anda meminta pihak kontraktor melakukan proyek renovasi rumah lama memang wajib melakukan pemantauan dan pengawasan kinerja. Namun, bukan berarti anda terlalu memikirkan hal kecil seperti furniture secara detail sehingga abai terhadap konstruksi bangunan yang utama. Jangan sampai anda memiliki sikap sok tahu dibandingkan dengan pihak kontraktor mengingat anda telah melakukan kesepakatan dengannya jauh hari sebelumnya.
  4. Tinggal di rumah yang sedang direnovasi besar-besaran
    Saat anda memutuskan untuk renovasi rumah lama secara menyeluruh, sebaiknya anda juga telah mempersiapkan dana lain untuk keluar dari rumah. Dana lain tersebut bisa anda gunakan untuk mencari tempat tinggal sementara seperti kost atau kontrakan. Biasanya pihak kontraktor akan memberikan jangka waktu tertentu untuk melakukan proyek hingga selesai. Masih tinggal di rumah yang sedang direnovasi bisa membuat pihak kontraktor kesulitan melakukan tugas dengan baik.
  5. Memilih pihak kontraktor yang tepat
    Jangan hanya terpaku pada proyek renovasi rumah lama yang mesti selesai cepat waktu, anda wajib memperhatikan kualitas kontraktor rumah. Pastikan kontraktor memiliki reputasi yang baik termasuk ada perjanjian resmi. Perjanjian resmi tentu memiliki kekuatan hukum jika sewaktu-waktu pihak kontraktor lalai dengan tidak bertanggung jawab pada hasil proyek anda yang tidak sesuai kesepakatan awal. 

Tips memilih jasa renovasi rumah lama terpercaya

Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat pada hunian yang layak maka semakin banyak pula jasa bangun dan renovasi rumah lama yang bisa dipilih. Namun, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa renovasi rumah sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

  1. Pastikan jasa renovasi rumah memiliki alamat yang resmi
    Anda bisa mencari informasi di internet atau dari rekan terkait pemilihan jasa renovasi rumah lama. Namun, pastikan bahwa anda telah melakukan survei terkait alamat kantor resmi yang mereka miliki. Bisa jadi pihak jasa renovasi rumah fiktif melakukan penipuan dengan tidak memiliki alamat kantor yang legal.
  2. Cek ulang kredibilitas jasa renovasi rumah lama
    Kredibilitas jasa renovasi rumah terkait proyek yang pernah dilakukan serta proyek yang tangah mereka kerjakan saat ini. Meninjau hasil kinerja pihak renovasi rumah bisa menjadi patokan untuk anda. Anda juga bisa mengecek testimoni pelanggan terkait kepuasan mereka pada hasil yang diberikan pihak kontraktor.
  3. Pelayanan yang ramah dan cepat
    Anda bisa berkonsultasi mengenai desain yang sesuai dengan keinginan termasuk keterbatasan dana yang ada. Pihak renovasi rumah lama yang baik tentu akan memberikan solusi terkait masalah yang sedang anda alami. 
  4. Garansi yang memuaskan
    Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah adanya garansi yang diberikan pihak renovasi rumah. Jika ada hasil yang kurang maksimal, mereka siap melakukan proses perbaikan kembali. Tentu hal ini harus sesuai dengan kesepakatan awal yang telah ditandatangani. 
Tips memilih jasa renovasi rumah lama yang terpercaya tersebut bisa anda praktekkan saat hendak merenovasi rumah. Pastikan bahwa anda memilih pihak kontraktor terbaik yang telah teruji kualitasnya.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa