Stres karena air di rumah kecil? Baca tips berikut ini.

Posting pada 24 Aug 2018 # Stres karena air di rumah kecil? Baca tips berikut ini.


Rumah impian anda harus mampu menyediakan air bersih untuk minum, memasak, mandi, dan berbagai hal sehari-hari lainnya.  Tapi seringkali rumah tinggal mengalami masalah air bersih, salah satunya adalah kecilnya debit air yang keluar dari keran-keran di rumah. Kami harap sejumlah tips yang kami sampaikan dapat membantu anda memecahkan masalah tersebut.

Sumber Air
Yang pertama harus diperhatikan adalah sumber air bersih yang anda gunakan, PAM atau Sumur Dangkal. Setiap sumber memiliki masalahnya sendiri; Tekanan dan debit air PAM yang sampai ke rumah kadang fluktuatif. Jika tidak ada masalah pada pemipaan di rumah, sulit untuk menyelidiki masalah sumber air PAM karena memang yang masuk ke rumah anda hanyalah pipa dan meter air. Yang maksimal bisa anda lakukan adalah menyampaikan laporan dan keluhan saja ke PAM. Untuk memecahkan masalah ini, kami anjurkan anda membuat penyimpanan air dalam bentuk Ground Water Tank atau Tandon air. Air PAM dialirkan dahulu ke penyimpanan sementara, sehingga jika terjadi masalah tekanan atau debit air pada PAM, debit dan tekanan air anda tidak mengalami perubahan signifikan.
Jika menggunakan sumur dangkal, maka masalah yang umumnya terjadi adalah berkurangnya debit air di sumur itu sendiri. Berkurangnya debit air disebabkan oleh turunnya muka air tanah di lingkungan anda, hal ini bisa disebabkan oleh musim (naiknya suhu udara dan berkurangnya debit hujan hingga menyebabkan kekeringan), atau air tanah terhisap oleh sumur-sumur lain di sekitar anda. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memindahkan lokasi sumur menjauh dari lokasi sumur2 tetangga dan memperdalam sumur anda. Cara lain untuk meningkatkan penyerapan air hujan ke dalam tanah adalah dengan membangun sumur-sumur resapan dan biopori baik di rumah maupun di lingkungan anda.
 
Tekanan Air / Water Pressure
Masalah tekanan air berhubungan dengan pompa dan/atau tandon air yang anda gunakan untuk menampung air. Jika anda tidak menggunakan tandon air atau ground tank maka tekanan air anda tergantung pada kapasitas dan kemampuan pompa, gunakan pompa tipe jetpump untuk sumur dangkal dengan kedalaman lebih dari 20 meter. Jika anda menggunakan tandon air yang diletakkan di atap rumah, kadang ketinggian tandon air tidak cukup bagi gravitasi untuk mendorong air, pada kasus seperti ini sebaiknya anda menggunakan pompa tambahan yang sering disebut sebagai booster pump. Booster pump ini banyak dijual di toko material.

Instalasi Pemipaan
Kecilnya aliran air di rumah anda dapat pula diakibatkan oleh masalah pada instalasi pemipaan air bersih anda. Pipa di dalam sumur dapat tersumbat oleh lumpur / tanah, pipa yang melintas di bawah tanah dapat rusak karena tidak tahan beban atau dirusak oleh tikus, pipa yang ditanam di dinding juga kadang dapat rusak karena tidak sengaja terkena paku atau gangguan lainnya. Sistem instalasi juga berpengaruh. Jika instalasi air bersih rumah anda merupakan instalasi terbuka, maka kran-kran yang berada di ujung instalasi dapat berkurang tekanannya. Gunakan sistem instalasi tertutup atau melingkar untuk memecahkan masalah ini, resikonya biaya pemipaan rumah anda akan meningkat karena jumlah pipa yang bertambah. Terakhir, cek juga ukuran pipa yang digunakan pada instalasi rumah anda. Instalasi air bersih yang baik menggunakan pipa ukuran 1 inchi untuk sirkulasi utama dari pompa atau tandon air, baru menggunakan pipa 1/2 inchi untuk instalasi yang turun di dalam dinding menuju outlet kran. 

Pemeliharaan
Instalasi air bersih seperti utilitas lainnya pada rumah tinggal, juga membutuhkan pengawasan dan pemeliharaan. Periksa pompa, tandon air dan instalasi  di luar dinding (di tandon air atau di atas plafond) secara berkala. Tandon air di atap harus dikuras dan dibersihkan dari lumut sekitar 2-3 bulan sekali. Periksa pula kran-kran air dengan menyalakannya secara berkala, kadang kotornya saringan di ujung kran dapat pula menghambat aliran air. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda memecahkan masalah kecilnya air di kran rumah anda. Selamat membangun.  



Team Mitrarenov

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa