Tips Renovasi Rumah Murah Tanpa Hutang

Posting pada 22 Dec 2017 # Renovasi rumah murah


Saat kebutuhan tengah merangkak naik, tiba-tiba hunian menunjukkan beberapa kerusakan di mana-mana. Misalnya atap yang lekas bocor di banyak titik saat musim penghujan tiba atau cat tembok yang lekas memudar warnanya. 

Renovasi rumah murah merupakan salah satu solusi yang tidak terelakkan lagi karena anda tentu menginginkan hunian yang nyaman. Namun, dana tabungan yang dimiliki sangat terbatas yang membuat anda semakin sekarat. Bagaimana solusi menanggapi masalah serius tersebut?

Solusi renovasi rumah murah dengan dana terbatas

Merenovasi rumah memang memerlukan dana yang banyak bahkan bisa menyamai dana pembangunan rumah baru. Estimasi biaya yang dikeluarkan pun bisa membuat seseorang mengalami kendala mewujudkannya. 

Salah satu solusinya adalah menabung lebih konsisten dengan menghemat pengeluaran harian atau memilih jasa pinjaman renovasi rumah murah. Hanya saja memiliki pinjaman renovasi rumah seperti KTA atau Kredit Tanpa Agunan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan KTA yang wajib diketahui pihak yang mengajukan pinjaman antara lain proses pencairan dana pinjaman yang lebih cepat, syarat pengajuan tidak rumit serta tidak perlu memberikan agunan atau jaminan tertentu. Anda pun bisa mendatangi bank yang bisa memberikan KTA asal memiliki dana tabungan di sana. Tidak begitu menyita waktu anda serta begitu mudah dilakukan. 

Kekurangan KTA juga wajib anda pertimbangkan lebih detail jika ingin melakukan renovasi rumah murah tanpa terbebani hutang yang melilit. Bunga KTA lumayan tinggi, dana yang bisa anda pinjam pun biasanya terbatas serta memiliki jangka waktu yang lumayan pendek untuk melunasi semua pinjaman tersebut. Poin-poin ini wajib anda pikirkan lebih dahulu jika ingin mengajukan KTA ke bank yang dituju. 

Tips renovasi rumah murah dengan dana yang terbatas

Berdasarkan poin kelebihan dan kekurangan dana pinjaman renovasi rumah berupa KTA tersebut, anda bisa menentukan proyek renovasi yang diinginkan. Konsekuensi tanggungan hutang yang harus dibayar mungkin membuat anda menginginkan proyek renovasi rumah tanpa pengajuan KTA. 
Nah, jika tidak ingin mengajukan KTA maka sebaiknya memperhatikan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi anggaran dana renovasi rumah murah tanpa hutang berikut ini.

  1. Konsep yang bakal anda gunakan
    Konsep sebuah rumah atau ruangan yang hendak anda renovasi sangat mempengaruhi dana yang ada. Konsep akan membuat anda berpikir mau melakukan sebuah renovasi rumah secara menyeluruh atau memilih merenovasi sebagian rumah saja. Catat baik-baik hal yang dibutuhkan termasuk rencana anggaran yang telah anda tentukan dalam pos-pos pengeluaran yang terperinci.
  2. Dana renovasi
    Cek kembali tabungan anda terkait pengumpulan dana renovasi. Jika anda memang tidak ingin mengajukan pinjaman agar tidak terbebani hutang pasca proyek selesai maka bisa menentukan titik yang akan direnovasi saja. Jangan memaksa keinginan untuk merenovasi rumah secara menyeluruh atau wajib membuat skala prioritas yang vital saja. Pastikan pula anda memiliki tabungan cadangan jika sewaktu-waktu dana yang telah anggarkan kurang mencukupi proyek renovasi rumah murah atau mendadak anda harus tinggal di luar selama proses renovasi berlangsung.
  3. Memilih waktu renovasi yang tepat
    Pemilihan waktu proyek renovasi rumah murah sangat mempengaruhi anggaran dana anda misalnya anda salah memilih waktu bisa berakibat fatal pada membengkaknya pengeluaran yang telah diperkirakan. Misalnya anda memilih proyek pembangunan pada musim penghujan atau saat musim liburan tiba seperti hari raya dan lain-lain. 
  4. Memilih material yang pas
    Dana anda terbatas namun menginginkan material yang berkualitas tentu sulit diaplikasikan. Sebab ada harga yang perlu dibayar untuk material berkualitas tertinggi. Jika masih memiliki sisa material lama yang bisa digunakan, anda bisa memanfaatkannya secara baik. Hal ini akan memotong anggaran pembelian material dalam pos pengeluaran anda. 
  5. Memilih jasa renovasi rumah murah yang bagus
    Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan jika anda tidak mengecek kredibilitas jasa renovasi rumah murah yang dipilih. Pastikan anda telah melakukan survei beberapa jasa renovasi agar bisa mengetahui harga yang kompetitif di pasaran. Harga yang murah memang bisa menjadi patokan agar anda menghemat dana pengeluaran. Namun, salah memilih renovasi rumah malah bisa membuat pengeluaran anda semakin membengkak drastis.
Pastikan pula bahwa pihak renovasi rumah murah memberikan garansi yang baik terkait hasil kinerja mereka. Jika ada hal yang kurang sesuai misalnya plafon bocor saat musim penghujan maka anda bisa menuntut tanggung jawab pihak kontraktor. Bekerja sama dengan pihak kontraktor profesional akan menguntungkan anda.

Tips renovasi rumah murah tersebut bisa anda praktekkan saat menginginkan proyek renovasi dalam jangka waktu tepat. Asal telah mempersiapkan jauh hari, membuat skala prioritas yang dipatuhi dan memilih kontraktor jasa renovasi terpercaya maka proyek anda bakal berlangsung tanpa hambatan. 

Selain itu, organisir rencana renovasi yang matang bisa meminimalisir risiko dana anda membengkak termasuk tumpukan hutang yang akan membuat hidup anda tak nyaman setelah proyek renovasi selesai.


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami