Tips Renovasi Rumah Minimalis

Posting pada 28 Nov 2016 #


Tips Renovasi Rumah Minimalis


Pada dasarnya jika Anda ingin membangun atau renovasi rumah minimalis, perlu adanya sebuah perencanaan yang matang agar dapat mengurangi resiko boros atau ketidaksesuaian dengan ide. Oleh karena itu berikut ini saya akan berikan beberapa tips renovasi rumah minimalis, antara lain yaitu :


·         Persiapan Dana. Dalam mempersiapkan dana, lebih baik anda menyiapkan dana yang lebih daripada dana yang pas dengan hitungan anda. karena biasanya muncul biaya - biaya tak terduga yang dibutuhkan.  Jika dana anda kurang maka bisa menghambat pekerjaan renovasi tersebut akibat  kurangnya bahan yang diperlukan. Namun hal ini tidak akan terjadi jika anda sudah mengkonsultasikannya dengan pihak ahli serta sudah dibuatkan RAB yaitu total dari seluruh biaya renovasi seperti yang anda inginkan.

·         Pengaturan anggaran dan budget. Hal ini bagian paling penting dalam melakukan renovasi rumah dan gambaran umum anggaran yang diperlukan untuk renovasi rumah adalah mulai dari biaya peralatan, biaya jasa pekerja biaya yang lainya (biaya tak terduga).

·         Pembayaran pekerjaan renovasi. Sistem pembayaran renovasi biasanya terbagi menjadi dua macam yaitu borongan dan harian. Sebaiknya untuk anda yang sudah memiliki pikiran matang dan konsep renovasi yang jelas alangkah baiknya anda memilih pembayaran dengan sistem borongan karena dengan pembayaran ini akan lebih menghemat pengeluaran.

·         Renovasi bagian ruangan yang diperlukan saja. Bila rumah dan bangunan yang ingin anda revovasi belum berumur 50 tahun, anda tidak perlu melakukan renovasi secara keseluruhan, cukup pada bagian yang ingin anda renovasi saja agar dapat menghemat budget. Misalnya saja anda ingin renovasi ruang tamu anda menjadi desain ruang tamu minimalis, maka ada beberapa poin yang harus direnovasi adalah mulai dari warna cat dinding (lebih baik menggunakan  warna minimalis, seperti warna putih, warna abu dan warna-warna cerah lainnya). Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan furniture yang cocok dengan nuansa minimalis (seperti sofa minimalis, meja minimalis dan sebagainya).

·         Pilih konsep desain rumah minimalis. Langkah berikutnya setelah anda menentukan bagian-bagian ruangan yang ingin direnovasi adalah menentukan konsep desain minimalis yang ingin anda pakai untuk rumah anda.

·         Pemilihan denah rumah. Setelah anda menemukan konsep desain yang anda inginkan, anda langsung saja memilih denah ruangan yang sesuai dengan ukuran rumah anda, pada tahap ini harus mencari referensi denah dan peletekan denah yang sesuai dengan selera anda juga bisa mencarinya lewat internet.

·         Pemilihan Furniture yang minimalis. Untuk tips ketiga merupakan penjelasan lanjutan dari tips pertama. Yang merupakan salah satu trik rahasia dari tampilan interior ruangan yang minimalis adalah terletak pada pemilihan furniture yang modern dan minimalis. Pemilihan furniture juga harus diimbangi dengan nuansa keharmonisan dari dinding dan konsep rumah anda. Contohnya adalah bila anda mengecat rumah dengan warna kayu, maka ruangan anda akan terlihat harmonis dengan pemakaian furniture minimalis berwarna kayu.

Demikian beberapa tips di atas, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang ingin membangun atau renovasi rumah minimalis.










Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami