Ruang Tamu Rumah Anda Sempit? Coba 11 Tips Ini Agar Terlihat Lebih Luas

Posting pada 02 May 2018 # Ruang Tamu Rumah Anda Sempit? Coba 11 Tips Ini Agar Terlihat Lebih Luas


Tips menata ruang tamu sempit penting bagi Anda yang memiliki rumah kecil. Membuat ruangan menjadi lebih lega adalah salah satu tujuan dalam menata ruang tamu. Ruang tamu dapat dikatakan sebagai ruang pokok di dalam sebuah rumah. Apabila ruang tamu Anda nyaman maka para tamu yang datang akan betah berada di rumah Anda.
 
Tips Menata Ruang Tamu Sempit
Sekarang ini, lahan rumah semakin berkurang sehingga tak jarang orang-orang lebih memilih rumah dengan area sempit. Bagi Anda yang memiliki rumah kecil, tak perlu khawatir karena kita dapat menata ruangan agar terasa nyaman meskipun dengan luas yang tidak seberapa. Berikut ini adalah beberapa tips menata ruang tamu kecil, yaitu:


  1. Pilih Warna Yang Cerah Pada Lantai dan Dinding
    Pemilihan warna yang gelap akan membuat ruang tamu menjadi kurang nyaman karena terkesan kurang pencahayaan sehingga terlihat lebih sempit. Sedangkan, jika kita memilih warna yang cerah pada lantai dan dinding maka akan memancarkan cahaya yang menyebabkan ruangan terlihat lebih terang. Selain itu, warna terang dapat membuat ruang tamu kecil Anda terasa lebih luang.

  2. Hindari Meletakkan Furniture Yang Rapat Dengan Dinding
    Ruang tamu memiliki berbagai furniture yang penting, seperti kursi dan meja. Pada ruang yang sempit, biasanya seseorang akan menempatkan furniture rapat dengan dinding agar memberikan ruang yang lebih. Namun, sebenarnya hal ini salah. Menempatkan furniture secara rapat dengan dinding akan menimbulkan kesan sempit karena ruang habis dengan penempatan furniture tersebut. Berilah beberapa cm dari dinding sebagai ruang celah.

  3. Cat atau Gunakan Wallpaper Dinding Pada Langit-Langitnya
    Cat atau wallpaper di langit-langit akan menarik perhatian orang-orang untuk melihat ke atas. Ketika seseorang tertarik dengan aksen di langit-langit maka ruang tamu Anda akan terlihat lebih luas. Namun, pastikan bahwa cat atau wallpaper yang Anda gunakan berwarna cerah.

  4. Gunakan Furniture Multi-Fungsi
    Sekarang ini, mudah bagi kita menemukan furniture yang multi-fungsi. Selain lebih praktis penggunaannya, tapi juga dapat menghemat ruangan Anda. Sebagai contohnya adalah almari tangga dapat digunakan sebagai tempat tidur, kursi yang bisa disimpan ke dinding atau model lainnya.

  5. Pilih Furniture Sesuai Dengan Ruang
    Sebelum Anda membeli furniture, penting untuk mengetahui gaya secara keseluruhan, baik dalam cat dinding atau warna furniture lainnnya. Pilihlah furniture dengan ukuran yang sesuai dengan luas ruang tamu Anda. Jangan memilih furniture dengan ukuran yang besar karena ruangan akan penuh dengan furniture tersebut. Sebaiknya, Anda dapat memilih furniture, seperti kursi dan meja yang kecil-kecil. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan kursi dan meja tamu secara lesehan. Desain ini akan membuat ruang tamu Anda terlihat lebih luas.

  6. Hindari Aksesoris atau Ornamen Yang Besar
    Bagi ruang tamu kecil Anda, hindarilah pemilihan cat, wallpaper, atau motif furniture dengan ornamen yang terlalu besar. Hal ini akan menimbulkan kesan sempit pada ruang tamu Anda. Oleh karena itu, pilihlah ornamen kecil-kecil yang akan memperlihatkan ruang tamu yang lebih luas.

    Baca Juga : Tips Memilih Kontraktor Jasa Bangun dan Renovasi Rumah di Bandung

  7. Buatlah Rak Buku Dengan Rapi
    Bagi Anda yang memiliki kumpulan buku, maka Anda bisa menyimpannya di rak buku. Apabila ruang tamu Anda sempit, maka harus lebih diperhatikan mengenai kerapian buku. Buku yang tercecer tidak teratur akan menimbulkan kesan sempit pada ruangan tersebut. Berbeda jika kita benar-benar menatanya dengan rapi. Selain menciptakan keindahan, menata buku dengan rapi membuat ruang tamu kecil Anda terlihat lebih luas dan lapang. Anda dapat memulainya dengan mengelompokkan buku-buku itu berdasarkan ukurannya agar rak yang disediakan sesuai dengan ukuran buku. Inilah cara menata ruang tamu sempit minimalis.

  8. Gunakanlah Corak Garis-Garis
    Sekarang ini, model garis sedang menjadi favorit bagi banyak orang. Kita dapat menemukan berbagai corak garis untuk bisa dipilih. Namun, bagi ruang tamu sempit nda, corak garis memanjang akan lebih menguntungkan karena menimbulkan kesan lebih luas pada ruang tamu Anda.

  9. Biarkan Tirai Jendela Terbuka
    Ketika hari terang, bukalah tirai jendela agar cahaya dan udara dapat masuk ke dalam ruangan. Cahaya yang masuk akan membuat ruangan itu lebih terang sehingga akan terlihat lebih luas. Sedangkan, udara yang masuk akan menghindarkan ruangan dari kelembaban. Udara menjadi lebih sejuk sehingga orang di dalamnya akan merasa lebih nyaman.

  10. Belilah Barang Dengan Bahan Dari Gelas
    Rumah dengan ruangan yang sempit dapat disebut dengan rumah minimalis. Pada gaya minimalis ini, barang dengan material gelas. Benda ini akan membuat ruang tamu Anda terlihat lebih luas.

  11. Letakkan Kaca Di Seberang Jendela
    Meletakkan kaca di seberang jendela merupakan tips menata ruang tamu sempit agar terlihat luas terbaik untuk merefleksikan cahaya pada ruang tamu Anda.
Demikian ruang tamu sempit yang bisa diubah dengan nyaman agar terlihat lebih luas dan lapang.


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa