Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah

Posting pada 27 Sep 2016 #


Memiliki rumah yang mewah dan nyaman tentu menjadi impian banyak orang, namun Pada dasarnya saat seseorang ingin membangun atau merenovasi rumah memang banyak sekali orang yang khawatir Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah tersebut mahal, selain itu banyak orang yang ragu dalam menggunakan jasa desain interior rumah karena hal tersebut. Berikut saran yang dapat bermanfaat untuk Anda dalam menggunakan desain interior rumah.

Pada dasarnya Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah sangatlah relatif, semakin tinggi tingkat kesulitan desain dan semakin mahal bahan material yang digunakan akan semakain mahal pula biayanya begitu juga sebaliknya, semakin rendah tingkat kesulitan desain dan bahan material yang digunakan maka biaya desain rumah pun bisa menjadi murah.

Ketika arsitek memberikan banyak pertimbangan desain yang bermanfaat untuk jangka panjang, kenyamanan hunian, maintenance yang tidak terlalu sulit dan meminimalkan pengeluaran Anda dimasa yang akan datang tentunya juga akan mempengaruhi biaya desain rumah.

Biaya desain rumah dapat dihitung dengan 2 cara yaitu dihitung dari biaya desain rumah per meter persegi dan biaya desain rumah dengan persentase dari RAB (Rencana Anggaran Biaya).

Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah per meter persegi, memudahkan Anda menaksir di awal berapa biaya desain rumah Anda, ada yang menawarkan seratus ribu rupiah per meter persegi sampai dua ratus ribu rupiah per meter persegi bahkah lebih dan ini pun akan sangat relatif tergantung dari tingkat kesulitan desain dan bahan material yang akan Anda gunakan.

Biaya desain interior rumah dengan persentase dari RAB, di dapat dari rekapitulasi Rencana Anggaran Biaya (RAB), arsitek mengajukan desain terlebih dahulu, setelah desain disetujui barulah dibuatkan Rencana Anggaran Biaya, dari rekapitulasi RAB inilah biaya desain rumah dikeluarkan, range-nya antara 3% sampai 10% dari total biaya bangun rumah. range ini akan kembali relatif tergantung dari tingkat kesulitan desain dan bahan material yang akan digunakan.

Ada juga orang yang melakukan secara bertahap. Artinya desain interiornya dibuat dulu secara keseluruhan, sedang pengisiannya dilakukan secara bertahap. Strategi ini adalah strategi yang baik untuk menghindari komposisi isi rumah tidak harmonis.

Ketika budget sudah mencukupi Anda dapat mulai mengisi furniturenya satu persatu. Yang penting ketika anda mulai melakukan proses desain Anda menentukan langgam desain rumah (etnik, minimalis, retro, modern atau eklektik/campuran berbagai langgam).










Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami