RAHASIA TERNAK DUIT melalui KAMAR KOST Lebih DAHSYAT dan AMAN Dibanding Investasi Apapun

Posting pada 24 Mar 2017 # Kamar Kost, Kost-kostan, Bisnis Kost, Investasi


Jika anda memiliki uang lebih apa yang akan anda lakukan? ... Banyak sekali ragam jawabannya
Opsi pertama dan paling banyak adalah mendepositokan uang tersebut. Berapa rata-rata equivalen rate (ER) deposito rupiah per tahun, 5-6% kah jawabannya? Tidak, itu belum dikurangi pajak atas penghasilan deposito sebesar 20%. 
Sehingga pendapatan deposito = ER deposito – pajak 20%
= 5% - (5% x 20%)
= 4 % per tahun

Kalau anda punya Rp 1 milyar berarti pendapatan depositonya menjadi Rp 1 milyar x 4% = Rp 40 juta per tahun atau Rp 3,3 juta per bulan. Kecil yaa dan lagi uang darimana Rp 1 milyarnya hehehe. Anda tahu berapa inflasi di Indonesia per tahun? Ini jawabannya:


Artinya “keuntungan” 4% per tahun tadi secara nilai uang akan tetap. Jadi anda tidak menambah apapun dengan melakukan deposito. Kalau inflasi lebih besar dari 4%, maka nilai uang anda akan berkurang. Deposito menghasilkan cash flow setiap bulannya, tetapi apakah “nilai” deposito anda bertambah setiap tahun? Jawabannya pasti tidak.

Opsi kedua adalah investasi emas. Pernahkah anda membaca artikel seperti ini:


Ya, memang emas tidak akan membuat anda menjadi kaya. Tetapi emas akan membuat anda tetap kaya. Maksudnya adalah kenaikan nilai emas biasanya lebih tinggi dibanding inflasi. Dalam 10 tahun terakhir kenaikan emas rata-rata sekitar 15-20% jauh lebih tinggi dibanding inflasi per tahun. Sehingga apa yang anda investasikan, nilainya akan cenderung bertambah. Tetapi harus diingat, emas tidak akan menghasilkan cashflow bulanan. Investasi emas akan terasa hasilnya jika dijual.

Baca juga : Atap Sudah Diperbaiki Tetapi Tetap Bocor? Periksa 5 Penyebabnya

Opsi ketiga yang paling DAHSYAT adalah investasi membeli asset. Kenapa membeli asset dalam hal ini kost/kontrakan menjadi investasi yang terbaik? Alasannya adalah karena kost memilliki multiple income, yaitu:
  1. Rumah kost menghasilkan income bulanan yang jika disetahunkan ekuivalen dengan pendapatan 8-10% (tidak ada di investasi emas)
  2. Rumah kost menghasilkan kenaikan nilai dari harga tanahnya rata-rata sebesar 15-20% (tidak ada di investasi deposito)
  3.  Jika anda memiliki bisnis atau usaha sampingan, sertifikat rumah kost tersebut dapat dijaminkan ke bank dan anda memperoleh pinjaman usaha. Anggap saja usaha tersebut menghasilkan profit 10-15% per tahun
Total income anda dari Rumah kost = income bulanan + kenaikan harga tanah + profit usaha
= 10% + 20% + 15%
= 45%

Tetapi kan saya hanya karyawan biasa, ya hilangkan saja profit dari hasil usaha sehingga keuntungan per tahunnya adalah 30%. 
Ohya masih ada bonus tambahan, anda dapat membangun tambahan 1 lagi rumah kost di tahun ke 5. Bagaimana caranya? Lakukan appraisal ulang, nilai asset rumah kost sudah bertambah 2x lipat dan segera ajukan kredit KPR untuk pembangunan rumah kost anda yang baru.

Selamat Beternak Duit melalui Kamar Kost

Salam,

Team Mitrarenov
Web : www.mitrarenov.com 
Fanspage : www.facebook.com/mitrarenovcom 

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami