Membangun Rumah Minimalis

Posting pada 02 Nov 2016 #


Memiliki rumah yang aman dan nyaman adalah impian semua orang. Selain kedua faktor tersebut, hal yang selalu menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah rumah adalah harga dari rumah tersebut. Seiring perkembangan zaman, muncullah inovasi baru membuat rumah minimalis yang aman, nyaman, dan lebih terjangkau. Rumah minimalis saat ini memang sudah menjadi pilihan favorit sebagai tempat tinggal bagi banyak orang.

Oleh karena itu bukan suatu hal yang yang umum lagi bila desain rumah bergaya minimalis saat ini sudah jadi satu diantara jalan keluar untuk mendesain rumah, lebih tepatnya untuk orang-orang perkotaan yang mempunyai  tempat  atau lahan terbatas.

Pada dasarnya dalam membangun rumah minimalis, tentunya anda bukan sekedar memikirkan bagaimana rencana desain eksterior yang pas atau sesuai, tetapi desain interior juga tidak kalah utama, desain interior inilah yang bikin rumah dambaan anda nanti terlihat lebih menakjubkan.

Berikut beberapa tips menata rumah minimalis yang bisa anda pertimbangkan , antara lain:

•    Manfaatkan Ruang dengan Efisien. Cermati ruang-ruang kosong yang ada di rumah, manfaatkan untuk meletakkan barang. Misalnya di bawah tangga, anda dapat menempatkan perabotan atau perkakas atau sebagai storage. Bisa juga di bawah wastafel untuk menyimpan barang.

•    Perhatikan Faktor Pencahayaan dalam Ruang. Sinar cahaya lampu yang dapat anda manfaatkan berwarna kuning dan putih. Cahaya lampu berwarna kuning memberi kesan lebih hangat, alami, dan romantis. Sementara cahaya lampu berwarna putih memberi kesan formal, luas, dan bersahabat. Perhatikan juga jarak penempatan lampu di tiap ruangan.

•    Atur Letak Jendela dan Tepat Memilih Kaca. Peletakan jendela harus tepat posisinya, begitu juga pemakaian kaca di dalam rumah dapat membuat rumah terlihat lebih luas. Pakailah ukuran jendela yang tidak besar dan kaca tidak bermotif. Jendela dipasang dengan posisi tepat agar dapat menyerap sinar matahari, memberi kehangatan, dan membantu sirkulasi udara dalam rumah.

•    Cat Dinding dengan Warna Terang. Sebaiknya anda memilih warna-warna terang untuk dinding, karena warna gelap akan memberi kesan ruangan lebih sempit dan lesu. Kalau anda senang memakai wallpaper, pilihlah yang bermotif ringan dan berwarna lembut. Motif misalnya garis tipis atau kotak tipis. Tujuannya untuk mengistirahatkan pandangan mata.

•    Tangga Dibuat Ringan. Bila rumah mungil anda terdiri dari dua lantai, sebaiknya memilih tangga dari bahan yang ringan karena akan terlihat tidak memakan ruangan yang sudah sempit. Di bawah tangga bisa dimanfaatkan menempatkan barang. Namun, hindari menumpuk barang di situ karena ruangan akan terlihat berantakan.

•    Pemilihan Furnitur. Sebaiknya anda memilih furnitur dengan desain sederhana. Pilih juga warna furnitur yang lembut. Tujuannya agar menghasilkan efek luas dan ringan. Sebagai sentuhan alam, masukkan unsur-unsur alam seperti  tanaman dalam pot atau bunga di dalam rumah.

•    Pakailah Cermin. Cermin dapat dipasang pada sudut tertentu di dalam rumah. Seperti diketahui, kegunaannya selain untuk mematut diri dapat juga menyiasati ruang yang sempit. Cermin tidak usah terlalu besar dan terlalu banyak.

Demikian beberapa tips di atas, semoga bisa bermanfaat untuk anda pertimbangkan dalam menggunakan jasa membangun rumah minimalis agar anda bisa mewujudkan rumah impian anda.




Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami