Memanfaatkan Ruangan di Lantai 2

Posting pada 29 Dec 2017 #


Memanfaatkan ruangan di lantai 2 bagi bangunan rumah yang memang di desain memiliki 2 lantai, tentunya sudah biasa. Lantai 2 dapat dijadikan kamar utama, kamar tidur anak-anak, ruang baca, ruangan bersantai, lantai 2 juga seringkali dilengkapi balkon dan ruang bermain anak. 

Di lantai 2 juga dapat dibuatkan tempat khusus untuk menjemur pakaian agar tidak mengganggu pemandangan di halaman rumah. Namun yang akan dibahas dalam artikel kali ini memanfaatkan ruangan di lantai 2, maksudnya adalah memanfaatkan loteng rumah

Selama ini para pemilik rumah di Indonesia kebanyakan berpikir bahwa loteng rumah itu identik dengan sarang tikus, tempat singgah kucing liar, kotor, suram bahkan menyeramkan. Padahal apabila setiap bagian rumah dimanfaatkan, maka kesan kotor dan suram itu akan hilang. Selain itu, apabila rumah tidak berukuran besar, maka ruangan di loteng dapat menjadi alternatif untuk kamar tidur, ruang bersantai maupun dijadikan gudang. 

Asal muasal ide ruangan lantai 2

Jauh sebelumnya, masyarakat luar negeri dari wilayah Eropa dan Amerika terbiasa memanfaatkan loteng menjadi ruangan yang bermanfaat. Bahkan tak jarang loteng rumah direnovasi dan menjadi ruangan super nyaman dilengkapi dengan kamar mandi dan teras. Jendela kaca menghadap ke langit juga dapat dipasang, agar dapat memandangi langit malam sembari berbaring atau duduk santai di ruangan loteng.

Banyak ide dan konsep kreatif untuk memanfaatkan loteng rumah. Merombak loteng atau bagian atap rumah menjadi ruangan nyaman, memang masih jarang dilakukan oleh para pemilik rumah di Indonesia. Sering kali pemilik rumah di Indonesia skeptis dengan menyengatnya hawa yang panas terutama ketika siang hari. Selain itu, persoalan dinding yang miring dan dianggap kurang nyaman.

Tips melakukan renovasi ruangan di lantai 2

Apabila akan membuat rumah baru, tentunya akan lebih mudah memanfaatkan loteng rumah karena sejak awal kita bisa menggunakan jasa arsitek dan kontraktor. Kemudian request agar didesainkan dan dibuatkan ruangan nyaman di loteng yang sesuai dengan harapan kita. Hal ini juga dapat dilakukan pada rumah yang sudah ada. Lakukan renovasi dengan menggunakan jasa kontraktor atau tukang bangunan yang ahli.

Sebelum memanfaatkan loteng rumah sebagai ruangan, tentunya plafon terlebih dulu harus dicor atau didak agar dapat difungsikan sebagai lantai. Kemudian kerangka atap didesain sedemikian rupa agar ruangan tidak terganggu kuda-kuda atap atau tiang-tiang. Sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum membuat ruangan yang nyaman di loteng, antara lain.

  1. Sebelum memanfaatkan loteng rumah dengan melakukan renovasi dan membuat ruangan, sebaiknya cek terlebih dahulu kelayakan struktur atap dan dinding. 
  2. Ketinggian atap atau loteng yang ideal untuk dijadikan ruangan ialah 2, 4 meter (titik tertinggi hingga lantai loteng)
  3. Tambahkan insulasi termal pada atap seperti : Glasswool, Polyester, Alumunium foil, maupun Bubble Foil.
  4. Gunakan lantai yang ringan untuk ruangan di loteng, seperti kayu yang telah diberikan anti rayap. Atau gunakan bahan vinyl yang lebih tahan rayap dan jamur namun tetap memiliki motif kayu.
  5. Akses untuk turun naik ruangan di loteng wajib aman. Apabila ukuran rumah tidak besar, tangga fabrikasi untuk loteng dapat dijadikan pilihan karena didesain agar dapat dilipat jika tidak digunakan.
Apabila ingin memanfaatkan loteng rumah, memang dibutuhkan perencanaan matang. Sekarang jika hendak membuat rumah baru atau pun merenovasi rumah yang sudah ada, maka tidak ada salahnya jika mulai memanfaatkan bagian loteng lalu dijadikan ruangan yang nyaman.


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa