Mau mendesain interior rumah sendiri? Ini sumber inspirasi anda

Posting pada 29 Dec 2016 # design, interior, rumah idaman


Anda ingin mencurahkan selera pribadi anda pada desain interior rumah anda. Dari mana anda memulainya? Seperti apa desain yang mewakili kepribadian anda? Setiap perancang membutuhkan sumber inspirasi, begitupun dengan anda. Berikut sejumlah inspirasi yang bisa anda gunakan sebagai sumber ide renovasi interior rumah impian anda.

  1. Kebutuhan dan batasan. Hal pertama yang harus anda pertimbangkan dalam merancang interior adalah kebutuhan dan batasan. Apa yang akan anda lakukan di ruangan yang akan dirancang? Siapa saja penggunanya? Berapa luas ruangan yang dapat diisi furniture tanpa mengganggu alur sirkulasi? Kebiasaan anda dan keluarga, privasi, dan cita-cita semuanya menentukan kebutuhan. Ajukan pertanyaan ini di awal, dan temukan bahwa pertimbangan-pertimbangan ini pun dapat menjadi sumber inspirasi. Misalnya, ruangan kecil dengan kebutuhan yang banyak mungkin menginspirasi anda untuk menggunakan gaya simple minimalis, sementara ruangan keluarga dengan permukaan dinding yang besar dapat mendorong anda untuk mencoba interior seperti galeri seni.


  2. Kondisi eksisting. Seperti apa kondisi ruangan yang anda miliki sekarang? Berapa luasnya? Apakah ingin diperluas? Dimana letak jendelanya? Kondisi eksisting ruangan juga dapat menjadi sumber inspirasi anda. Ukuran ruangan, warna dan material eksisting, lalu posisi dan ukuran jendela atau pintu, semua dapat dijadikan acuan (point of refference) anda untuk memulai merancang. Jendela yang besar dengan pemandangan indah mungkin akan menginspirasi anda untuk mengadaptasi gaya natural atau alamiah, material lantai teraso yang anda pikir ketinggalan jaman justru bisa menjadi sumber inspirasi gaya eklektik,vintage atau retro.


  3. Tema dan gaya (style). Tentunya anda familiar dengan istilah-istilah seperti; modern minimalis, simple modern, art deco, klasik, neo-klasik, eklektik dan lain sebagainya. Gaya-gaya atau aliran desain tersebut bisa anda adaptasi. Ingat, tiap gaya memiliki sejarah dan filosofi masing-masing, sesuaikan dengan tema atau filosofi yang anda ingin capai. Gaya tidak wajib diadaptasi seluruhnya, campuran atau penggabungan dimungkinkan selama masih berdasarkan filosofi yang sama. Misalnya, anda ingin menggunakan sentuhan aksen dekoratif bergaya klasik pada ruangan yang bergaya minimalis, bisa saja selama aksen tersebut tidak membuat filosofi kesederhanaan yang diusung gaya minimalis jadi hilang.


  4. Alam. Alam sekitar kita adalah sumber inspirasi yang tiada habisnya. Suasana villa di pegunungan, atau cottage pinggir pantai semua bisa menginspirasi anda. Atau langsung hadirkan alam ke dalam ruangan rumah anda dalam bentuk aksen dekoratif atau tanaman hidup. Tema green dengan material daur-ulang atau recycle juga merupakan penghormatan anda pada alam.


  5. Tradisi dan budaya. Inspirasi yang mungkin dekat dengan keseharian anda adalah tradisi dan budaya asli anda. Tenun lokal atau batik, kerajinan daerah asal anda, atau sekedar motif dan warna tradisional, semua dapat diadaptasi ke dalam desain interior.


  6. Lingkungan / perkotaan. Jika anda bukan penggemar alam, mungkin suasana kehidupan urban adalah sumber inspirasi anda. Gaya industrial, lampu-lampu kota di saat malam, mobil, gaya hidup metropolitan, semua siap digali sebagai sumber inspirasi.


  7. Seni. Arsitektur, seni lukis, seni patung dan pahat, desain grafis, semua jenis seni visual dapat anda jadikan sumber inspirasi. Jadikan sebuah patung atau lukisan yang dominan sebagai pusat orientasi ruangan anda, atau jadikan rumah anda galeri karya seni koleksi anda.


  8. Warna dan motif. Anda menyukai satu warna atau motif tertentu? Jadikan warna itu tema dari interior rumah anda. Atau jika anda pribadi yang menyukai keragaman jadikan tema interior anda penuh warna.


  9. Hobi. Hobi atau kegemaran juga sumber inspirasi yang dapat anda gali. Anda tergila-gila sepakbola atau basket? Kenapa tidak membuat rumah anda seperti lapangan bola, atau berlantai parket seperti lapangan basket? Hobi musik atau film? Lebih banyak lagi yang dapat anda jadikan sumber inspirasi interior anda.


  10. Out of the box. Jangan takut bereksperimen, kepribadian anda harus muncul pada desain interior karya anda. Sumber inspirasi itu tanpa batas, bisa berasal dari apa saja. Musik, syair dan puisi, religi, atau bahkan memori masa kecil. Buka majalah, arungi dunia maya, buka wawasan anda untuk mencari sumber inspirasi interior rumah impian. 


Baca juga : Mengenal Cara Ngedak

Subscribe Newsletter Mitrarenov untuk mendapatkan update terbaru membangun dan merawat rumah. Klik di sini

Desain interior rumah adalah salah satu elemen rumah yang dapat anda rancang sendiri. Begitu banyak hal yang dapat dijadikan sumber inspirasi merancang. Beberapa hal lain yang harus anda ingat saat merancang adalah jangan lupakan budgeting. Semua keputusan desain yang anda ambil berefek pada budget, siapkan rencana anggaran selain desain sebelum renovasi interior agar budget tetap terkendali. Lalu, jangan lupa bahwa ruang-ruang di rumah tidak digunakan sendiri, tapi ada orang lain, anggota keluarga, atau tamu undangan anda. Pertimbangkan masukan dari pihak lain agar ruang tetap nyaman digunakan bersama. Semoga anda dapat menemukan sumber inspirasi yang dapat anda manfaatkan dengan membaca artikel ini.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami