Jasa Perbaikan Rumah

Posting pada 02 Nov 2016 #


Kontraktor renovasi rumah atau pemborong bangunan, sebenarnya hanya istilah penyebutan saja, intinya adalah mereka sama-sama menyediakan jasa renovasi rumah atau jasa perbaikan rumah secara borongan, baik itu meliputi borongan upah dan material ataupun hanya borongan upah saja. Bentuk badan usahanya pun bisa berupa PT, CV, atau perorangan (tim).

Berikut beberapa tips dalam memilih jasa perbaikan rumah yang profesional, antara lain yaitu :

•    Secara garis besar, mempertimbangkan referensi yang diberikan keluarga dan teman adalah penting, apalagi mereka juga pernah memakai jasa tersebut. Rekomendasi jasa perbaikan rumah akan sangat membantu untuk melakukan rehab. Jika keduanya tidak punya rekomendasi terbaik, jangan sungkan untuk tanya kepada tetangga, siapa tukang dan pemborong rumah murah terbaik di sekitar lokasi anda yang baru tersebut. Biasanya tukang jasa renovasi terbaik sudah dikenal dari mulut ke mulut, biarpun itu di lokasi perumahan maupun kampung.

•    Cari Beberapa Penyedia Jasa perbaikan rumah. Maksudnya disini adalah hendaknya anda tidak hanya mencari satu penyedia jasa renovasi, tetapi sebaiknya beberapa, supaya anda dapat melakukan perbandingan, manakah penyedia jasa yang paling baik dan paling sesuai dengan kebutuhan anda. Setelah daftar penyedia jasa siap, ada baiknya juga jika anda mendatanginya satu persatu. Jelaskan apa permasalahan anda dan keinginan anda terhadap rumah anda, tidak menutup kemungkinan juga pihak penyedia jasa akan melakukan perhitungan RAB atau Rencana Anggaran dan Biaya.

•    Selanjutnya cara mencari jasa renovasi rumah jangan selalu ingin yang paling murah. Tapi pertimbangkan pula seberapa banyak pengalamannya dalam merenovasi dan juga rekomendasi terbanyak penyedia jasa tersebut. Hindari harga renovasi murah yang murahan, sebab tujuan anda mencari jasa renovasi rumah adalah untuk jangka panjang dan keindahan tempat tinggal anda. Tapi mungkin penetapan harga murah tersebut dapat disebabkan ada item/pekerjaan yang tidak dimasukkan. Atau mungkin terdapat kesalahan dalam menghitung RAB, sering kali ini terjadi oleh kontraktor baru yang salah dalam perhitungan atau belum punya update harga terbaru barang bangunan.

•    Membandingkan Antara Beberapa Penyedia Jasa. Ini merupakan kelanjutan dari tips yang kedua di atas. Anda bisa membandingkan hasil kunjungan yang telah anda lakukan pada penyedia jasa, tetapi anda juga dituntut untuk teliti dalam menilai hasil kunjungan tersebut. Siapa tahu harga yang diberikan memang murah, tetapi ternyata kualitas bahan yang digunakan malah buruk, tentu hal itu tidak anda inginkan bukan? Anda juga diperkenankan untuk mengajukan pertanyaan jika memang ada yang belum anda pahami. Misalnya dari manakah mereka menetapkan biaya tadi.

•    Selain menayakan garansi perawatan, tanyakan juga hal yang tidak jelas kepada penyedia jasa renovasi bangunan tersebut. Adanya biaya tambahan sering kali membuat beberapa kontraktor menetapkan harga mahal untuk pekerjaannya. Hal ini bisa berpotensi terjadinya pembengkakan renovasi rumah. Kemudian si pemakai berasumsi mereka telah ditipu oleh jasa kontraktor atau penyedia jasa renovasi yang merehab rumah mereka.

•    Jika masih merasa kurang yakin, maka bisa juga anda meminta beberapa contoh proyek renovasi rumah yang pernah sang kontraktor kerjakan atau bangun. Dengan contoh renovasi rumah tersebut, dengan mudah menilai kualitas pekerjaan, bila masih kurang yakin maka jangan ragu untuk berkunjung langsung ke lokasinya.

•    Dan yang terakhir apakah mereka memberi garansi. Sebab jika terdapat kerusakan dan ada pekerjaan yang kurang sempurna, kontraktor bangunan tersebut akan memberi perawatan gratis. Contoh pekerjaan yang riskan adalah pada bagian atap, sering kali terlambat untuk mengetahui kebocoran. Di musim hujan, pekerjaan atap ini biasanya baru terlihat, masalah dinding lembab plus timbul bercak-bercak.



Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami