Ingin Membuat Anak Betah Belajar di Kamar? Begini Caranya

Posting pada 06 Dec 2016 #


Prestasi putra putri anda menurun di sekolah? Mungkin penyebabnya adalah anak tidak betah belajar di kamarnya. Hal ini sering menjadi masalah keluarga yang memiliki anak, suasana rumah khususnya ruang belajar tidak mendukung konsentrasi dan kreatifitas anak. Dengan mengikuti catatan di bawah ini kami harap anda akan dapat menciptakan ruang belajar ideal bagi putra putri anda di rumah saat anda melakukan renovasi rumah.   



  1. FOKUS
    Kegiatan belajar membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Oleh karena itu hal pertama yang dapat dilakukan adalah menyediakan ruang khusus untuk belajar anak. Anda dapat memanfaatkan kelebihan ruang tidur, gudang yang tak terpakai, atau salah satu sudut ruang keluarga yang dapat dipartisi. Jika tidak tersedia, maka umumnya ruang belajar disatukan dengan ruang tidur. Hal penting yang harus dilakukan adalah menciptakan zona terpisah untuk area belajar, jangan mendekatkan area belajar dengan TV, Video Game, atau ranjang


  2. USIA
    Usia anak menjadi penting karena usia anak menentukan sejumlah hal faktor, seperti ukuran furniture. Ukuran kursi dan meja belajar berbeda sesuai usia penggunanya, anak balita tentunya membutuhkan kursi dan meja belajar yang lebih kecil atau pendek dibanding anak yang sudah menanjak dewasa atau remaja. Jangan sampai ukuran furniture yang tidak pas membuat anak anda tidak nyaman belajar. Usia juga menentukan kebutuhan kegiatan belajar anak. Kelas berapa anak anda di sekolah? Apa tugas-tugas dari sekolahnya? Apakah anak anda sudah membutuhkan komputer atau laptop dalam kegiatan belajarnya? Hal-hal ini perlu anda pertimbangkan sebelum merancang ruang belajar anak


  3. KEGEMARAN DAN CITA-CITA
    Ruang belajar yang baik harus mampu memotivasi anak untuk belajar dan cara terbaik untuk mencapai hal itu adalah dengan merepresentasikan kegemaran dan cita-cita anak pada ruang. Anda dapat menjadikan ruang belajar anda tematik sesuai kesukaan anak anda. Tema bisa ditampilkan melalui warna dinding atau furniture, poster dinding, boneka atau aksesoris lainnya. Anak yang menyukai ruang belajarnya dijamin akan menghabiskan lebih banyak waktu menggunakannya


  4. PERTIMBANGAN DESAIN LAINNYA
    Selain pertimbangan mendasar di atas, maka sebaiknya anda memperhatikan pula sejumlah faktor desain yang penting bagi ruang belajar anak anda. 
    Pertama, sediakan pencahayaan yang cukup untuk ruang belajar anak. Pencahayaan yang baik membuat mata anak tidak cepat lelah. Dekatkan area belajar dengan jendela atau jika dirasa perlu maka anda dapat menambahkan lampu meja atau lampu belajar. 
    Kedua, beri warna cerah pada ruang belajar anak anda. Warna-warna cerah seperti kuning, oranye, atau biru terang dianggap dapat meningkatkan semangat belajar. Tetapi jika ketenangan yang diinginkan anak anda, maka warna-warna pastel, biru dan abu-abu dapat juga digunakan. 
    Terakhir, sediakan banyak tempat penyimpanan pada ruang belajar anak anda. Kerapihan ruang atau meja belajar amat penting bagi kenyamanan belajar anak. Anda dapat menyediakan ruang atau meja belajar yang dilengkapi banyak laci, menambahkan lemari khusus atau rak pada dinding-dindingnya. 

Baca juga : Tips Renovasi Rumah Minimalis

Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan semangat belajar anak di rumah. Renovasi kamar belajar anak sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan usia dan kegemaran anak. Pisahkan area belajar dari keramaian atau fungsi lain di rumah anda agar anak anda dapat fokus belajar. Tapi yang paling penting di tahap awal, anda harus mengajak dan membiasakan anak anda menggunakan meja belajarnya. Jangan biarkan mereka belajar di depan TV atau di ruang keluarga, ajak dan temani mereka belajar di ruang belajar.


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami