Halaman terbatas? Sejukkan rumah dengan Taman Vertikal

Posting pada 29 Dec 2017 # Halaman terbatas? Sejukkan rumah dengan Taman Vertikal


Rumah impian adalah tempat peristirahatan anda dan keluarga setelah lelah beraktifitas. Taman yang indah dengan berbagai tanaman dan bunga adalah tempat istirahat anda tanpa harus bersusah payah keluar dari rumah. Bagaimana jika rumah anda memiliki halaman terbatas? Mungkin Taman Vertikal adalah solusi untuk anda. 

Apa itu Taman Vertikal?

Taman vertikal dikenal pula dengan sejumlah istilah seperti; Vertical Garden, Green Wall, Living Wall, Taman Tegak, Taman Susun, Taman Gantung dan lain-lain. Istilah ‘Vertikal’ mengacu pada susunan tanaman dan elemen taman yang diatur pada dan/atau membentuk bidang tegak. Terdapat  beragam pengertian mengenai taman vertikal yang seringkali digunakan ahli taman, sebagian menyebut taman vertikal tidak menggunakan tanah, misalnya tanaman rambat yang tumbuh di dinding bangunan. Sementara sebagian lagi tetap mengenal penggunaan sedikit tanah tapi pada lahan yang terbatas.

Manfaat Taman Vertikal

Banyak sekali manfaat taman vertikal untuk rumah, anda sendiri dan keluarga. Semua manfaat taman pada umumnya ada pada taman vertikal, ditambah sejumlah manfaat lain yang menjadi nilai tambah. Manfaat taman vertikal antara lain:

  • Memaksimalkan lahan. Dengan menanam tanaman secara vertikal anda dapat mendapatkan lebih banyak penghijauan pada luas lahan yang terbatas. Dengan taman vertikal anda juga dapat membentuk ruang pada taman anda, membuka akses baru, membuat backdrop dan sebagainya.
  • Pemeliharaan tanaman lebih mudah, karena resiko terkena hama dan penyakit tanaman yang datang dari kontak dengan tanah jauh berkurang, jauh dari gangguan hewan seperti anjing atau kucing, dan proses pemeliharaan tidak melelahkan dan menyakiti punggung.
  • Menghijaukan area yang umumnya tidak dijadikan taman, seperti dinding bangunan, railing teras atau tangga, atap dan lain-lain.
  • Taman vertikal memiliki fleksibilitas tinggi, anda dapat bereksperiman dengan berbagai jenis tanaman karena taman vertikal mudah diganti, dan anda dapat memiliki lebih banyak jenis tanaman permeter persegi di banding taman biasa. 
  • Mempercantik ruang. Taman vertikal dapat meningkatkan kualitas visual ruang dalam maupun ruang luar. Penghijauan di ruangan dipercaya dapat meningkatkan semangat kerja dan menyembuhkan penyakit, bahkan karena tanaman pada taman vertikal mudah diganti atau ditukar maka ruang anda bisa memiliki pemandangan yang selalu berbeda setiap saat.
  • Taman vertikal mampu menciptakan Iklim mikro, mengurangi panas lingkungan, mendinginkan dinding tempat tanaman melekat dan meredam suara.
  • Taman vertikal meningkatkan kualitas udara dan kesehatan anda, dengan menghisap polutan, mengikat debu berbahaya dan meningkatkan kadar oksigen di udara.
  • Menciptakan habitat baru untuk burung dan serangga, sehingga mendukung terjadinya biodiversitas. 
  • Dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman pangan, seperti buah-buahan, sayuran, bumbu masak dan lain-lain.

Berbagai jenis Taman Vertikal

Bagaimana membuat taman vertikal di rumah? Berikut sejumlah jenis Taman vertikal yang umum dan dapat anda pilih.

  • Green Facade adalah taman vertikal yang memanfaatkan tanaman rambat. Tumbuhan rambat ditanam di tanah atau di pot dan dirancang sedemikian rupa sehingga tumbuh dan menutupi struktur vertikal tertentu (misalnya dinding, pagar, pipa, tiang, dan lain-lain).
  • Green Wall atau Living Wall adalah sistem taman vertikal yang terdiri dari panel-panel media tanam atau sudah ditanami sebelumnya yang dipasang secara vertikal pada dinding struktur atau rangka. Panel-panel ini umumnya terbuat dari plastik, polystyrene, kain sintetik. Sistem ini lebih banyak digunakan pada gedung-gedung komersial, hal ini disebabkan karena sistem ini membutuhkan perawatan dan sistem pengairan yang khusus.  
  • Taman gantung adalah taman vertikal yang terbentuk dari pot-pot atau wadah tanaman yang disusun dengan digantung atau dikaitkan pada struktur vertikal, seperti dinding, pagar, atau rangka yang dirancang khusus. Wadah tanaman dapat memanfaatkan berbagai jenis material tergantung dari kreatifitas perancangnya, daur ulang peti bekas, pipa PVC, talang air, bahkan bekas botol air mineral dapat disulap menjadi taman vertikal. 

Tanaman untuk Taman Vertikal

Jenis tanaman yang dapat digunakan untuk Taman Vertikal adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak tanah dan air untuk tumbuh, tahan cuaca dan angin, juga mudah dipelihara. Untuk taman vertikal yang diletakkan di dalam ruangan, maka anda harus memilih jenis tanaman yang tidak membutuhkan cahaya matahari langsung. Beberapa tanaman yang umum digunakan untuk taman vertikal antara lain; Kuping Gajah, Tanduk Rusa, Begonia, Lili Paris, Kucai, Lipstik, Sirih Merah, Syngonium dan lain sebagainya. 

Taman vertikal adalah jawaban untuk anda yang memiliki rumah dengan halaman atau taman yang terbatas. Taman vertikal memberikan demikian banyak manfaat dan kesempatan pada anda untuk bereksperimen dan berkreasi sendiri di rumah. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi penyedia jasa taman vertikal terdekat. Selamat bercocoktanam.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa