Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Rumah

Posting pada 09 Nov 2017 # Renovasi rumah


Saat memutuskan untuk membeli rumah baru, anda pasti melihat detail keseluruhan desain baik eksterior atau interior. Mungkin anda bakal menemukan beberapa titik yang kurang sesuai selera apalagi jika rumah tersebut model lama yang dijual sang pemilik. Tentu renovasi rumah bisa menjadi pilihan jika hati anda telah kepincut dengan harga yang lumayan murah atau lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja atau pusat keramaian lain.

Mengapa Renovasi Rumah Menjadi Hal Yang Vital?

Renovasi rumah bisa menjadi hal vital yang wajib anda lakukan bila kerusakan terjadi di bagian yang memiliki peranan penting sebuah rumah. Misalnya atap plafon ruang tamu yang mulai rusak atau bagian dapur yang perlu diperbaiki segera. Bagian tersebut menjadi lebih vital dibanding anda menginginkan perubahan desain kamar tidur yang kurang menyenangkan. 

Anda wajib memikirkan rencana renovasi tersebut secara matang termasuk menyiapkan keuangan. Sebaiknya anda juga menggunakan jasa kontraktor yang tepat agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dan bisa menyesuaikan dengan dana yang ada. Toh, banyak sekali pihak kontraktor yang siap melayani semua permintaan renovasi tender kecil seperti melakukan perbaikan satu ruangan saja.

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Renovasi Rumah

Berikut ini, kami berikan tips merencanakan pembangunan renovasi rumah yang berstruktur agar hasil yang didapat bisa maksimal.

  1. Mengorganisir rencana pembangunan dengan baik
    Setelah anda menentukan bagian yang hendak direnovasi, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari informasi sebanyaknya tentang desain yang diinginkan. Anda bisa mencari referensi dari berbagai sumber di internet atau melakukan komunikasi langsung dengan pihak desain interior mengenai ide dan keinginan anda.
    Pastikan pula bahwa anggota keluarga lain menyetujui rencana desain ruangan yang baru. Hal ini penting jika anda hendak melakukan renovasi ruang keluarga, ruang makan atau dapur yang umum digunakan bersama. Berbeda jika anda hendak merenovasi kamar anak, pastikan dulu sang buah hati mengajukan desain yang ia inginkan. Setelah memastikan semua hal disepakati, maka anda bisa melaju ke rencana renovasi selanjutnya.

  2. Membuat skala prioritas yang wajib dipatuhi
    Anda wajib membuat skala prioritas bagian yang hendak direnovasi agar pengeluaran tidak membengkak. Pembangunan bakal membutuhkan budget yang tidak sedikit sehingga anda harus menyiapkan dana semaksimal mungkin jauh hari. Pastikan pula bahwa anda menganggarkan dana cadangan untuk antisipasi pengeluaran yang tidak terduga selama renovasi rumah berlangsung. Setidaknya siapkan 10-20% dari total dana yang akan digunakan untuk renovasi. Jangan sampai anda memiliki banyak hutang yang bakal mempersulit kondisi diri sendiri jika anda mengabaikan aturan dalam skala prioritas ini. 

  3. Bekerja dengan orang-orang yang profesional
    Anda harus memperhatikan rekam jejak kontraktor rumah saat memutuskan untuk memakai jasa mereka. Anda bisa membangun komunikasi dan relasi yang baik dengan pihak yang terlibat dalam renovasi rumah. Tak ada salahnya jika anda ikut memantau langsung pengerjaan kontraktor. Anda juga bisa memilih jenis furniture atau bahan material yang bakal digunakan dalam proses renovasi. Memiliki koneksi bagus dengan para suplier material bisa saja memberikan keuntungan sendiri. Setidaknya anda memiliki nomor kontak mereka dalam ponsel jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jadi, ada baiknya jika anda terjun langsung dalam pemilihan material bangunan yang akan digunakan dalam proyek renovasi.
    Sebenarnya asal anda memilih kontraktor renovasi rumah yang terpercaya, maka hasil memuaskan pun bakal anda dapatkan setelah proyek selesai. Pihak kontraktor profesional biasanya menawarkan garansi jaminan jika ada bagian yang rusak atau kurang memuaskan akibat kesalahan mereka. Anda jelas tidak bisa menguji apakah plafon atau talang akan bocor sebelum musim penghujan tiba, bukan?

  4. Membuat jadwal rencana renovasi yang baik
    Renovasi rumah jelas bakal membutuhkan waktu dan biaya dua kali lipat jika dikerjakan pada musim penghujan atau hari libur keagamaan. Anda wajib memperhatikan waktu yang tepat saat hendak melakukan proyek pembangunan. Pastikan pula anda memberikan tenggang waktu yang disepakati pihak pemborong saat melakukan renovasi misalnya tiga bulan atau enam bulan. Setidaknya jika melakukan proses renovasi rumah menyeluruh, anda bakal keluar rumah sementara. Anda pun bisa memilih tempat tinggal dengan menyewa tempat lain seperti kos, apartemen atau kontrakan menyesuaikan dana yang ada. Membuat jadwal yang berstruktur akan membantu anda menghemat pengeluaran tambahan selama menjalani kehidupan di luar hingga proyek pembangunan rumah selesai tepat waktu.
Beberapa hal penting tersebut perlu anda perhatikan jika ingin melakukan renovasi rumah dalam jangka waktu dekat. Rencana pembangunan yang matang akan membuat anda bisa mengatur waktu dan keuangan selama proses renovasi berlangsung. Hal ini sebagai antisipasi terbaik jika pos pengeluaran selama melakukan renovasi tiba-tiba membengkak drastis di luar rencana anggaran. Nah, sudahkah anda merencanakan proyek renovasi dengan matang?

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami