atap rumah saat musim" />

Atap Sudah Diperbaiki Tapi Tetap Bocor? Periksa 5 Penyebabnya

Posting pada 10 Mar 2017 # atap rumah, atap bocor, kebocoran atap, genteng bocor


Hampir semua orang mengkhawatirkan atap rumah saat musim hujan. Kadang kita sudah menghabiskan banyak biaya untuk renovasi rumah. Atap sudah diperbaiki, tapi tetap saja bocor. Apa yang mungkin terlewat oleh kita dan kontraktor? Berikut sejumlah penyebab yang mungkin terjadi.

Desain atap
Desain atap berperan penting menyebabkan kebocoran. Apakah atap anda terlalu landai? Air akan tetap menyusup masuk saat hujan yang disertai angin. Apakah permukaan dak beton anda tidak dilengkapi kemiringan yang benar ke arah lubang pembuangan (floor drain)? Air akan menggenang di atas dak anda. Diskusikan hal-hal ini dengan arsitek atau kontraktor anda saat memulai pembangunan rumah. 

Genteng geser
Walau mungkin sudah terpasang dengan benar, kadang penutup atap atau genteng dapat bergeser akibat hujan yang disertai angin kencang, atau akibat terinjak binatang. Pemeriksaan berkala adalah satu-satunya cara untuk mengetahui terjadinya pergeseran pada genteng.


Genteng pecah atau retak
Kadang terjadi retak atau pecah pada penutup atap atau genteng yang anda gunakan. Hal ini bisa disebabkan cacat dari pabrik, perbedaan suhu yang ekstrim, angin keras, terbentur sesuatu atau gangguan binatang. Pemeriksaan visual berkala hanya akan memperlihatkan genteng yang pecah, tetapi khususnya pada genteng beton dapat terjadi retak rambut yang tidak kasat mata. 


Dak beton retak
Keretakan selain pada genteng beton, juga dapat terjadi pada atap dak beton anda. Pembuatan dak yang kurang sempurna, ekspos cuaca terus menerus, dan pergerakan bangunan semua dapat menyebabkan keretakan pada dak beton. Pemeriksaan dan pelapisan ulang waterproofing secara berkala adalah cara mencegah kebocoran.


Cat waterproofing mengelupas
Cat kedap air atau waterproofing yang anda gunakan pada bagian-bagian atap (talang, jurai, atau nok), dak beton, dan dinding yang menempel pada tetangga, memiliki umur pakai. Tanyakan hal ini pada penjual cat, setelah habis umur pakainya maka anda wajib melakukan pelapisan ulang. 

Baca juga : Ubah Tampilan Ruang Tamu Anda Agar Selalu Segar



Talang dan saluran tersumbat
Terakhir, jika anda sudah merasa memperbaiki kebocoran pada atap anda. Cek kembali talang dan saluran air hujan atap anda, apalagi jika rumah anda dikelilingi pepohonan yang tinggi. Sampah daun dan batang kering cepat sekali menumpuk di atas talang atap anda. 

Masalah kebocoran atap adalah masalah klasik rumah saat musim penghujan tiba. Berbagai penyebab di atas dapat terjadi kapan saja. Pemeriksaan dan pemeliharaan atap secara berkala adalah hal yang amat penting, jangan tunggu sampai rumah anda bocor baru mengadakan perbaikan. Mencegah lebih baik dari mengobati.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami