Air di rumah memiliki aroma yang tidak sedap, ternyata ini penyebabnya

Posting pada 08 Feb 2019 # Tips menghilangkan air sumur bau


Air merupakan salah satu elemen yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Air sering digunakan untuk mencuci pakaian, mandi dan lain sebagainya. Namun, bagi anda yang masih menggunakan air sumur seringkali memiliki aroma yang tidak sedap dan kotor. Bahkan jika anda menggunakan air tersebut untuk mencuci pakaian, aroma air tersebut akan menempel di pakaian anda.

lalu apa yang menyebabkan air sumur memiliki aroma yang tidak sedap? Hal ini disebabkan oleh kandungan zat lainnya seperti zat besi (Fe) yang bercampur dengan air. Selain itu, penempatan sumur yang berdekatan dengan septik tank atau selokan air rumah juga dapat menyebabkan air sumur anda beraroma tidak sedap.

Anda juga perlu memperhatikan kriteria dalam pemasangan sumur. Berikut kriterianya:
  1. Kedalaman sumur yang ideal yaitu 4-10 meter
  2. Jarak dari sumur dengan toilet minimal 10 meter. Hal ini untuk menghindari air sumur tercemar dengan air limbah kamar mandi yang merembes ke dalam sumur
  3. Jika anda ingin menggali sumur, hindari lahan atau tanah yang pernah digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Karena bakteri yang terkandung dalam tanah dapat mencemari air sumur anda. Lebih baik anda menggali sumur dengan tekstur tanah yang bercampur dengan pasir. Karena pasir dapat menjaga kejernihan air sumur anda

Lalu bagaimana cara menghilangkan kotoran serta aroma yang tidak sedap di dalam air? Yuk simak di bawah ini
  1. Menguras sumur

    menguras sumur

    Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan air sumur anda kotor, yaitu dinding sumur anda ditumbuhi oleh lumut yang membuat air anda menjadi kotor. Selain itu, bangkai binatang yang jatuh kedalam sumur dapat menyebabkan air anda menjadi keruh serta memiliki aroma yang tidak sedap.

    Jika anda ingin menguras sumur, anda perlu memanggil tukang yang ahli dan berpengalaman. Karena, menguras sumur bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Menguras sumur juga memiliki resiko yang tinggi.

  2. Arang tempurung kelapa

    arang tempurung kelapa

    Ternyata, arang tempurung kelapa dapat menjernih air juga lho… Lapisan arang tempurung kelapa dapat dikatakan efektif dalam menjernihkan serta menghilangkan aroma yang tidak sedap dalam air. Hal ini disebabkan, arang tempurung kelapa memiliki kandungan karbon aktif yang dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap serta menjernihkan air.

  3. Ijuk

    ijuk

    Ijuk merupakan serat pepohonan yang sering dipakai untuk membuat sapu. Tetapi, ijuk juga dapat digunakan sebagai penjernih air. Ijuk biasa digunakan untuk menyaring kotoran yang berukuran besar seperti pasir.

  4. Tawas dan Kaporit

    tawas

    Selain itu, anda juga dapat menggunakan bahan kimia, seperti tawas dan kaporit. Bahan ini, dapat dikatakan efektif, karena bahan ini dapat menghilang. Namun jika anda menggunakan bahan ini secara berlebihan, bahan ini dapat memberikan efek samping. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi mata, infeksi kulit dan gangguan sistem pernapasan

  5. Filter air

    Filter air

    Filter air merupakan alat yang berfungsi sebagai penjernih air serta penghilang aroma yang tidak sedap yang dalam terkandung dalam air sehingga dapat digunakan sebagai. Filter air juga sudah banyak digunakan di berbagai tempat, seperti untuk irigasi, air minum dan lain-lain. Namun, jika anda ingin menggunakan filter air, sebaiknya anda memerhatikan cara pemakaiannya, termasuk kapan alat tersebut harus diganti.
Nah, tips diatas merupakan cara menghilangkan aroma yang tidak sedap serta kotoran yang terbawa oleh air sumur. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke teman anda atau keluarga anda

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa