rumah kecil seringka" />

7 Tips Menata Dapur Mungil di Lahan Yang Terbatas

Posting pada 16 Dec 2016 #


Akhirnya anda dapat membangun rumah impian anda. Walau kecil tapi cukup untuk membina keluarga. Tetapi rumah kecil seringkali datang bersama dapur berukuran seadanya, kadang bahkan tanpa dapur sama sekali di dalam rumah, padahal dapur adalah pusat kegiatan anda sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Bagaimana menyiasati keterbatasan? Tips-tips di bawah ini kami harap dapat membantu anda. 

  1. Rencanakan kegiatan di dapur
    Hal pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah merencanakan kegiatan yang biasa anda lakukan di dapur, yaitu langkah atau siklus kegiatan saat memasak. Apakah anda senang mengeluarkan semua bahan dan bumbu sebelum memasak atau seperlunya? Berapa jenis panci yang biasa anda pakai? Sederhanakan siklus anda semaksimal mungkin. Kegiatan anda menentukan peralatan dapur yang anda butuhkan. Sebesar apa kompor yang anda perlukan? 2 tungku atau harus 4? Atau anda pengguna microwave atau kompor listrik? Rencanakan kebutuhan peralatan sampai dengan alat makan (piring, gelas, dan lain-lain) sesuai keperluan, ingat bahwa ruang untuk menampung semua peralatan itu terbatas.


    Siklus kegiatan manusia di dapur adalah gerakan bolak-balik dari simpan makanan (lemari es), cuci makanan (wash basin), dan masak (kompor). Kegiatan ini dilambangkan dengan segitiga kerja, bagan di bawah ini menunjukkan siklus yang terjadi berdasarkan tipe dapurnya.

  2. Pilih dan desain kitchen set yang tepat
    Rencanakan kitchen set yang hendak anda gunakan sesuai bentuk dan ukuran ruangan, perbanyak laci penyimpanan dengan membuat rak atau kabinet atas sampai plafond, manfaatkan sudut-sudut ruangan, dan usahakan lebar meja dan rak dapur seminimal mungkin. Rak terbuka juga akan membuat dapur terasa lebih luas, hanya perhatikan warnanya, samakan warna dinding rak dengan piring sehingga menciptakan ilusi ruang yang lebih terbuka. Usahakan desain kitchen set sederhana, hindari terlalu banyak aksesoris seperti lampu gantung, tiang rak dan sebagainya.


  3. Buat ruang dapur mungil anda terang
    Sebisa mungkin manfaatkan cahaya matahari alami dengan menempatkan jendela di dapur anda. Gunakan pencahayaan buatan berwarna daylight untuk ruang dapur dan manfaatkan pula lampu pada bagian bawah rak kitchen set untuk menerangi area memasak. Dapur yang terang dapat mengurangi kelelahan pada mata pengguna dan kelembaban ruangan.


  4. Warna
    Warna ruangan dan kitchen set berperan pula menciptakan kesan terang dan luas. Gunakan warna-warna netral dan lembut seperti putih, abu, atau kuning muda untuk dinding dapur. Kitchen set dapat menggunakan warna pastel senada dinding atau skema warna monokrom. Hindari penggunaan warna gelap pada bidang-bidang besar, tapi dapat tetap digunakan sebagai aksen pada bidang atau elemen kecil. Jangan lupa perhatikan warna ruang sekitar, keseragaman warna akan menciptakan kesan ruang yang terbuka dan luas.



  5. Peralatan dan furniture multifungsi
    Manfaatkan alat-alat dapur yang multi fungsi untuk meminimalkan ruang untuk alat, misalnya lemari es sekaligus dispenser, panci multifungsi dan lain-lain. Jika anda ingin memiliki island, breakfast table, atau bar kecil pada dapur anda maka gunakan desain yang terbuka sehingga pandangan tidak terganggu. Menggunakan meja biasa sebagai island merupakan trik yang dapat dicoba


  6. Penghawaan atau sirkulasi udara yang baik
    Hal ini amat menentukan, dapur mungil jadi terasa luas jika sirkulasi udara lancar, ruang terasa segar dan tidak pengap. Manfaatkan jendela semaksimal mungkin, jika perlu tambahkan exhaust fan khusus di dapur. 


  7. Jaga dapur selalu bersih dan rapih
    Kebersihan dan kerapihan adalah faktor utama keberlanjutan keindahan dapur mungil anda. Jangan biarkan peralatan bertebaran, manfaatkan lemari dan rak. Jangan sampai piring dan panci kotor terlihat, manfaatkan wash basin berukuran besar sehingga piring kotor yang menunggu dicuci dapat ditumpuk di dalamnya.

Baca juga : Pemeliharaan Talang Air Hujan

Subscribe Newsletter Mitrarenov untuk mendapatkan update terbaru membangun dan merawat rumah. Klik di sini

Demikian tips kami mengenai desain dapur mungil. Perencanaan kegiatan, penggunaan alat-alat multifungsi, desain dan warna kitchen set semua berperan mewujudkan dapur mungil yang nyaman dan berkesan luas. Sebagai penutup kami ingatkan sekali lagi bahwa kerapihan dan kebersihan dapurlah yang pada akhirnya akan membuat dapur dan seluruh rumah anda nyaman. Jangan ragu membangun rumah kecil, dapur mungil anda tetap akan terlihat cantik.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami