7 langkah Mengecat Rumah Agar Tidak Cepat Mengelupas

Posting pada 12 Apr 2018 # 7 langkah Mengecat Rumah Agar Tidak Cepat Mengelupas


Cat dinding mengelupas umunya disebabkan oleh pengecatan awal yang salah dan lapisan cat akhir merekat kuat. Kerusakan tersebut sebenarnya dapat dihindari bila proses pengecatan awal dilakukan dengan benar dan pemilihan cat yang sesuai. 

Sebelum dilakukan pengecatan sebaiknya dinding dicat dengan cat dasar walaupun akan menggunakan cat eksterior. Penggunaan cat dasar bermanfaat untuk mencegah cat luar bersentuhan dengan alkali yang terkandung dalam campuran semen, pasir dan air. 

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi cat dinding yang mengelupas.
Alat-alat dan bahan : Kuas rol (roller), bak untuk mengecat, lap basah dan lap kering, cat tembok (eksterior), kuas, kape, ampelas no 100-200 dan cat dasar (alkali resistant prymer).

Langkah-langkah pengerjaan : 
  1. kerok cat yang mengelupas dengan menggunakan kape, ampelas permukaan dinding hingga sisa cat hilang. 
  2. Agar benar-benar bersih, lap dengan lap kering, kemudian dilanjutkan dengan lap basah. 
  3. Aplikasikan cat dasar pada dinding yang telah dibersihkan dengan menggunakan roller. 
  4. Pengecatan cukup satu lapis, kemudian biarkan kering selama 1-2 jam. Sembil menunggu cat kering, campurkan cat eksterior dengan air 10% dari jumlah cat. 

    BACA JUGA : Tips Mencari Kontraktor Bangunan Terbaik

  5. Aduk cat hingga rata, kemudian tuang ke dalam bak pengecatan. 
  6. Aplikasikan cat pada permukaan dinding yang telah diberi cat dasar. Gunakan kuas kecil untuk mengecat pinggiran dinding atau lis. 
  7. Setelah lapisan pertama mengering (2-3 jam), lanjutkan pengecatan lapisan kedua di atas lapisan pertama.
Supaya lapisan cat pada dinding tidak mudah mengelupas maka plamur tidak boleh digunakan. Sering terjadi plamur digunakan sebagai lapisan cat dasar.Padahal plamur hanya berfungsi sebagai penutup retak-retak rambut yang halus pada dinding/tembok.Bahan plamur tidak dibuat untuk mengikat cat sehingga kalau tetap digunakan sebelum proses pengecatan,cat akan mudah mengelupas.

Bagi Anda warga Bandung yang tidak mau repot dengan pekerjaan renovasi rumah, kini kami hadir di kota Anda. Anda bisa menggunakan jasa renovasi rumah bandung hanya dengan mengakses website mitrarenov.com


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa