7 Jurus Ampuh Amankan Rumah dan Keluarga Dari Pencuri atau Perampok

Posting pada 24 May 2017 # Rumah Aman, Rumah Anti Maling


Pencurian atau perampokan adalah bahaya nyata yang mengancam rumah anda. Tidak hanya mengancam harta benda, tapi juga keselamatan keluarga dan diri anda. Apa yang dapat anda lakukan untuk mencegah pencuri dan perampok? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda terapkan, baik sesudah rumah berdiri atau saat membangun rumah.

  1. Berpikir seperti pencuri
    Hal utama yang dicari pencuri atau perampok adalah; tanda-tanda rumah kosong, dan kemudahan akses. Ciptakan kesan bahwa rumah anda berpenghuni saat kosong dengan; menyalakan lampu pada pintu-pintu masuk dan bagian dalam rumah, nyalakan TV atau radio, dan jangan tinggalkan pesan di depan pintu atau jendela. Persulit akses pencuri dengan pagar tinggi, mengunci pintu dan jendela, CCTV, anjing penjaga dan lokasi akses yang terlihat dari luar atau tetangga.  


  2. Amankan semua bukaan
    Bukaan-bukaan rumah anda, yaitu pintu, jendela, pagar, garasi adalah potensi akses pencuri. Amankan pintu dengan kunci yang baik, jika perlu gunakan kunci ganda. Beri teralis pada jendela dan gembok gerbang pagar dan garasi anda. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi kusen pintu dan jendela. Jarak antara pintu atau jendela dengan kusen yang renggang, fisik kusen dan pintu yang lemah (dimakan rayap misalnya) adalah peluang bagi pencuri untuk mendobrak masuk rumah anda. Ganti kunci rumah jika menempati rumah lama atau kunci anda hilang.

  3. Penampilan menentukan
    Rumah dan halaman yang bersih, terang, akses yang terlihat dari luar membuat pencuri malas mendekat. Jangan jadikan rumah target empuk dengan; menulis nama anda di kotak pos atau pagar depan dan memperlihatkan harta benda anda dari luar. Tutup selalu pintu garasi dan tirai jendela. Perhatikan lingkungan sekitar, buat penampilan rumah anda tidak semenarik rumah tetangga.

  4. Monitor rumah anda
    Teknologi memungkinkan anda memonitor rumah selama 24 jam dari mana saja. Pasang CCTV pada lokasi yang rawan jadi akses pencuri. Beri alarm pada pintu dan jendela. Yang penting diperhatikan adalah menyembunyikan instalasi CCTV dan alarm, dan sebaiknya tidak menempelkan sticker peringatan adanya CCTV atau alarm yang menyertakan merk alat.


  5. Pagari rumah anda
    Pagar rumah harus disikapi dengan bijak. Tujuan utama dari pagar adalah menghalangi atau menyulitkan pencuri masuk halaman, tetapi pagar juga berpotensi menutupi sekaligus melindungi aksi pencuri yang tengah beraksi di rumah anda. Jika rumah anda berada di pinggir jalan raya atau daerah yang tidak aman, maka pagar mungkin adalah opsi yang baik. Lengkapi pagar dengan kawat berduri atau ujung tajam jika dirasa perlu.

  6. Anjing Penjaga
    Anjing penjaga cukup efektif mencegah pencurian atau perampokan. Walaupun ukurannya kecil, tapi suara anjing umumnya dapat menjadi indikator yang baik mengenai masalah di dalam rumah anda.


  7. Silaturahmi
    Ada baiknya kita memelihara iklim kekeluargaan di Indonesia. Kenali dan pelihara hubungan baik dengan tetangga dan pengurus lingkungan, karena merekalah lapis pertama penjaga rumah anda. Tetangga yang peduli akan memperhatikan rumah anda saat kosong, dapat dititipi kunci, dan akan melaporkan kejanggalan yang mungkin terjadi pada rumah anda.

Baca juga : 5 Langkah Mudah Membuat Rumah Sederhana Terlihat Mewah

Musibah kemalingan dapat menimpa siapa saja. Yang bisa anda lakukan adalah membangun rumah yang seaman mungkin mencegah atau menghindari kemungkinan musibah terjadi pencurian dan perampukan. Jurus-jurus di atas kami harap dapat meningkatkan rasa percaya diri anda mewujudkan rumah impian yang aman untuk seluruh keluarga. Selamat mencoba. 

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami