Mau mendesain interior rumah sendiri? Ini sumber inspirasi anda

Posting pada 29 Dec 2016

Anda ingin mencurahkan selera pribadi anda pada desain interior rumah anda. Dari mana anda memulainya? Seperti apa desain yang mewakili kepribadian anda? Setiap perancang membutuhkan sumber inspirasi, begitupun dengan anda. Berikut sejumlah inspirasi yang bisa anda gunakan sebagai sumber ide renovasi interior rumah impian anda.

  1. Kebutuhan dan batasan. Hal pertama yang harus anda pertimbangkan dalam merancang interior adalah kebutuhan dan batasan. Apa yang akan anda lakukan di ruangan yang akan dirancang? Siapa saja penggunanya? Berapa luas ruangan yang dapat diisi furniture tanpa mengganggu alur sirkulasi? Kebiasaan anda dan keluarga, privasi, dan cita-cita semuanya menentukan kebutuhan. Ajukan pertanyaan ini di awal, dan temukan bahwa pertimbangan-pertimbangan ini pun dapat menjadi sumber inspirasi. Misalnya, ruangan kecil dengan kebutuhan yang banyak mungkin menginspirasi anda untuk menggunakan gaya simple minimalis, sementara ruangan keluarga dengan permukaan dinding yang besar dapat mendorong anda untuk mencoba interior seperti galeri seni.


  2. Kondisi eksisting. Seperti apa kondisi ruangan yang anda miliki sekarang? Berapa luasnya? Apakah ingin diperluas? Dimana letak jendelanya? Kondisi eksisting ruangan juga dapat menjadi sumber inspirasi anda. Ukuran ruangan, warna dan material eksisting, lalu posisi dan ukuran jendela atau pintu, semua dapat dijadikan acuan (point of refference) anda untuk memulai merancang. Jendela yang besar dengan pemandangan indah mungkin akan menginspirasi anda untuk mengadaptasi gaya natural atau alamiah, material lantai teraso yang anda pikir ketinggalan jaman justru bisa menjadi sumber inspirasi gaya eklektik,vintage atau retro.


  3. Tema dan gaya (style). Tentunya anda familiar dengan istilah-istilah seperti; modern minimalis, simple modern, art deco, klasik, neo-klasik, eklektik dan lain sebagainya. Gaya-gaya atau aliran desain tersebut bisa anda adaptasi. Ingat, tiap gaya memiliki sejarah dan filosofi masing-masing, sesuaikan dengan tema atau filosofi yang anda ingin capai. Gaya tidak wajib diadaptasi seluruhnya, campuran atau penggabungan dimungkinkan selama masih berdasarkan filosofi yang sama. Misalnya, anda ingin menggunakan sentuhan aksen dekoratif bergaya klasik pada ruangan yang bergaya minimalis, bisa saja selama aksen tersebut tidak membuat filosofi kesederhanaan yang diusung gaya minimalis jadi hilang.


  4. Alam. Alam sekitar kita adalah sumber inspirasi yang tiada habisnya. Suasana villa di pegunungan, atau cottage pinggir pantai semua bisa menginspirasi anda. Atau langsung hadirkan alam ke dalam ruangan rumah anda dalam bentuk aksen dekoratif atau tanaman hidup. Tema green dengan material daur-ulang atau recycle juga merupakan penghormatan anda pada alam.


  5. Tradisi dan budaya. Inspirasi yang mungkin dekat dengan keseharian anda adalah tradisi dan budaya asli anda. Tenun lokal atau batik, kerajinan daerah asal anda, atau sekedar motif dan warna tradisional, semua dapat diadaptasi ke dalam desain interior.


  6. Lingkungan / perkotaan. Jika anda bukan penggemar alam, mungkin suasana kehidupan urban adalah sumber inspirasi anda. Gaya industrial, lampu-lampu kota di saat malam, mobil, gaya hidup metropolitan, semua siap digali sebagai sumber inspirasi.


  7. Seni. Arsitektur, seni lukis, seni patung dan pahat, desain grafis, semua jenis seni visual dapat anda jadikan sumber inspirasi. Jadikan sebuah patung atau lukisan yang dominan sebagai pusat orientasi ruangan anda, atau jadikan rumah anda galeri karya seni koleksi anda.


  8. Warna dan motif. Anda menyukai satu warna atau motif tertentu? Jadikan warna itu tema dari interior rumah anda. Atau jika anda pribadi yang menyukai keragaman jadikan tema interior anda penuh warna.


  9. Hobi. Hobi atau kegemaran juga sumber inspirasi yang dapat anda gali. Anda tergila-gila sepakbola atau basket? Kenapa tidak membuat rumah anda seperti lapangan bola, atau berlantai parket seperti lapangan basket? Hobi musik atau film? Lebih banyak lagi yang dapat anda jadikan sumber inspirasi interior anda.


  10. Out of the box. Jangan takut bereksperimen, kepribadian anda harus muncul pada desain interior karya anda. Sumber inspirasi itu tanpa batas, bisa berasal dari apa saja. Musik, syair dan puisi, religi, atau bahkan memori masa kecil. Buka majalah, arungi dunia maya, buka wawasan anda untuk mencari sumber inspirasi interior rumah impian. 


Baca juga : Mengenal Cara Ngedak

Subscribe Newsletter Mitrarenov untuk mendapatkan update terbaru membangun dan merawat rumah. Klik di sini

Desain interior rumah adalah salah satu elemen rumah yang dapat anda rancang sendiri. Begitu banyak hal yang dapat dijadikan sumber inspirasi merancang. Beberapa hal lain yang harus anda ingat saat merancang adalah jangan lupakan budgeting. Semua keputusan desain yang anda ambil berefek pada budget, siapkan rencana anggaran selain desain sebelum renovasi interior agar budget tetap terkendali. Lalu, jangan lupa bahwa ruang-ruang di rumah tidak digunakan sendiri, tapi ada orang lain, anggota keluarga, atau tamu undangan anda. Pertimbangkan masukan dari pihak lain agar ruang tetap nyaman digunakan bersama. Semoga anda dapat menemukan sumber inspirasi yang dapat anda manfaatkan dengan membaca artikel ini.
Read More

Mengenal Cara Ngedak

Posting pada 23 Dec 2016

Meningkat rumah membutuhkan pembuatan plat lantai atau atap baru dari beton yang populer dengan istilah membuat dak beton atau ‘ngedak’. Mungkin ‘ngedak’ menurut anda adalah pekerjaan yang sulit, merepotkan dan berbiaya tinggi, tapi belum tentu demikian. Dalam artikel kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai berbagai jenis dak beton, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. 

  1. Dak Beton Konvensional. Dak atau plat lantai dari beton yang menjadi standar dalam pembangunan rumah adalah dak yang dibuat dengan cara konvensional. Dak dibuat dari beton bertulang yaitu campuran semen, pasir, kerikil dengan tulangan dari besi beton yang dirangkai. Sebelum mengecor campuran beton terlebih dahulu harus dilakukan pembuatan bekisting (formwork) atau cetakan dari plat yang hendak dibuat, lalu diikuti pembesian yaitu perangkaian besi rangka plat, baru kemudian campuran beton dapat dibuat dan dituang di atas bekisting yang sudah dilengkapi rangka. Setelah pengecoran selesai, maka bekisting dapat dilepas setelah 4 - 21 hari tergantung ukuran dak. 

    Dak Beton konvensional masih menjadi pilihan banyak orang dalam membangun rumah, hal ini disebabkan karena dak beton konvensional mudah beradaptasi dengan berbagai bentuk denah rumah, dan materialnya relatif mudah didapat. Kekurangan dari dak beton konvensional adalah waktu pemasangan yang relatif lama, pemakaian material dalam jumlah besar (pasir, kerikil, semen, kayu dan besi), biaya tinggi, dan menghasilkan limbah kayu atau bambu bekas bekisting.


  2. Dak Beton dengan Floor Deck. Variasi dari dak beton konvensional yang saat ini mulai banyak digunakan adalah dak beton dengan floor deck atau yang lebih dikenal dengan bondek. Bondek adalah pengganti papan kayu atau tripleks yang digunakan sebagai bekisting, bondek terbuat dari besi dengan ketebalan 0,6 - 1 mm dan lebar 80 - 100 cm. Keuntungan dari penggunaan bondek adalah penghematan material; Pertama, bondek terbuat dari besi dan didesain untuk menggantikan tulangan plat bagian bawah (beton konvensional menggunakan 2 lapis anyaman / tulangan besi). Kedua, bentuknya profilnya seperti huruf ‘W’ mengurangi pemakaian bahan adukan beton hingga 30%. Dan karena bahannya lebih kuat dari tripleks, maka bondek tidak membutuhkan tiang penyangga sebanyak bekisting tripleks. Harga yang relatif masih mahal membuat banyak orang ragu menggunakan bondek, padahal jika dibandingkan dengan waktu dan jumlah personil yang diperlukan saat pemasangan belum tentu bondek lebih mahal dari beton konvensional. Nilai plus lainnya, tampilan bondek memiliki kelebihan tersendiri jika diekspos.


  3. Panel Lantai Beton. Panel lantai adalah material alternatif ngedak yang belum lama muncul di pasaran, bahan bakunya berasal dari beton ringan aerasi yang lazim digunakan untuk bata ringan. Panel lantai dicetak di pabrik dengan tulangan besi di dalamnya, memiliki ukuran tebal 125 - 200 mm, lebar 600mm, dan panjang hingga 6m.  Pemasangannya cukup dibaringkan bersusun di atas balok dinding rumah, kemudian diisi semen / grouting di sambungannya. Panel lantai ini menghilangkan kebutuhan akan bekisting, dan mengurangi jumlah penggunaan besi dan semen. Kekurangan dari panel lantai ini adalah masa pemesanan atau fabrikasi di pabrik yang relatif lama (hingga 1 bulan jika stock tidak tersedia di pabrik) dan modul yang kurang fleksibel untuk denah rumah yang tidak persegi, banyak lekuk, atau dinding melengkung. 


  4. Keramik Komposit Beton (Keraton / Ceiling Brick). Material ini memiliki prinsip pemasangan seperti panel lantai beton, tapi tiap modulnya terdiri dari bata keramik ukuran 25x20x10 cm yang disusun dengan perkuatan besi di tengahnya. Modul keraton difabrikasi terlebih dahulu di lapangan, setelah jadi baru disusun di atas balok dinding seperti panel lantai beton. Keraton memiliki semua keunggulan panel lantai beton, yaitu tidak membutuhkan bekisting, menghemat material beton (pasir, semen, kerikil dan air) hingga 30%, memiliki kemampuan meredam panas dan bunyi karena rongga pada material keramiknya dan memiliki berat yang relatif ringan sehingga ramah terhadap struktur. Selain itu, pasangan keraton juga memiliki tampilan yang unik jika diekspos. Kekurangan panel lantai dari keraton adalah tidak dapat dilubangi setelah terpasang, misalnya untuk pemasangan pipa, karena material keramiknya akan pecah sehingga tidak disarankan untuk digunakan di area basah seperti kamar mandi. 


Baca juga : Tips Membuat Dapur Mungil

Subscribe Newsletter Mitrarenov untuk mendapatkan update terbaru membangun dan merawat rumah. Klik di sini

Masih bingung memilih? Berikut kami coba bantu anda dengan membuat tabel perbandingan dari keempat jenis material di atas:



Membuat dak beton atau ‘ngedak’ adalah bagian tak terlepaskan dari membangun rumah. Kini banyak alternatif tersedia dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Kami harap artikel singkat ini dapat membuka cakrawala anda akan pilihan dak beton yang tersedia di pasaran. Diskusikan dengan kontraktor anda mengenai pilihan yang terbaik untuk rumah impian anda.
Read More

Jasa Bangunan

Posting pada 20 Dec 2016

Dalam membangun rumah tentu membutuhkan jasa bangunan yang dapat dipercaya. Menggunakan jasa kontraktor bangunan akan membantu anda dalam hal perencanaan, pengerjaan, maupun pengawasan pembangunan.

Dalam hal ini, anda akan dapat menghemat waktu dan biaya terutama dalam tahap perencanaan, terutama bagi anda yang tidak terlalu paham perihal bangunan. Selain itu biasanya biaya jasa bangunan yang dikenakan relatif tidak mahal bila dibandingkan dengan resiko yang dapat anda dapatkan apabila anda mempekerjakan pemborong dengan domisili yang tidak jelas. Bisa jadi bangunan anda belum selesai tapi dana sudah habis, atau tidak ada garansi, dan lain sebagainya.

Dalam memilih kontrakor  jasa bangunan hal-hal yang perlu anda perhatikan adalah, antara lain:

1. Kontraktor dengan legalitas yang jelas. Pilihlah kontraktor yang jelas badan usahanya, memiliki kantor, izin usaha yang masih berlaku, serta memiliki reputasi yang baik. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari, karena kontraktor dengan badan usaha yang jelas cenderung akan selalu menjaga kualitas dan reputasinya.

2. Kontraktor dengan hasil pekerjaan yang baik dan berpengalaman.  Kualitas pekerjaan yang baik dapat dilihat pada hasil kerja kontraktor tersebut pada proyek-proyek sebelumnya. Selain itu anda bisa lihat dari daftar pengalaman kontraktor tersebut apakah sudah banyak mengerjakan proyek-proyek bangunan yang sejenis dengan bangunan yang anda inginkan.

3. Kontraktor yang mendapat rekomendasi dari pengguna jasa sebelumnya. Ini juga penting untuk dipertimbangkan, kalau kontraktor mendapat rekomendasi dari pengguna jasa sebelumnya, apalagi kalau anda kenal dengan pengguna jasa tersebut, maka anda bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang hasil pekerjaan dan tanggung jawab kontraktor tersebut.

4. Kontraktor dengan tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman. Hal ini penting untuk menjamin hasil pekerjaannya berkualitas baik. 

5. Kontraktor dengan harga yang wajar. Jangan memilih kontraktor dengan harga yang sangat mahal, tetapi hindari juga kontraktor yang menawarkan harga borongan yang sangat murah karena bisa jadi mereka salah dalam perhitungan dan nantinya akan mengorbankan kualitas, atau parahnya akan menghentikan pekerjaan jika mengalami kerugian. Pilihlah kontraktor yang memberikan harga borongan yang wajar. Setiap usaha pasti menginginkan keuntungan, 10 sampai 20% merupakan keuntungan yang wajar bagi kontraktor. 

6. Kontraktor yang bertanggung jawab dan memberikan garansi. Apakah kontraktor tersebut berani memberikan garansi hasil pekerjaannya jika suatu saat nanti terjadi kerusakan bagian bangunan contohnya seperti atap bocor? Apakah kontraktor tersebut bertanggung jawab dan cepat tanggap terhadap keluhan pelanggannya? Secara riil hal ini bisa diketahui dari pengguna jasa sebelumnya atau jika kita mengenal baik kontraktor tersebut.









Read More

Desain Interior Rumah Minimalis

Posting pada 20 Dec 2016

Desain interior rumah minimalis yang mulai menjamur di abad ke-20 saat ini memang sangat populer dan dapat ditemukan di mana-mana. Pada dasarnya dalam mendesain rumah minimalis, setiap ruangan didesain sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi maksimal. Desain-desain yang diaplikasikan pada rumah minimalis adalah desain sederhana. Desain seperti ini sangat cocok untuk kaum urban yang lebih menyukai gaya yang simple dan praktis.

Gaya yang sederhana ini akan terasa membosankan jika Anda tidak mampu mendesainnya dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan ide desain interior rumah minimalis yang cemerlang sehingga interior rumah tidak terasa membosankan. Kesan ruangan yang sempit juga bisa terlihat lebih lapang dengan menerapkan konsep yang tepat.

Berikut ini beberapa tips dalam mendesain interior rumah minimalis, antara lain yaitu :

·         Pemilihan tema tertentu. Dengan memilih tema untuk rumah berdesain minimalis, tahap penataan dan pemilihan furnitur akan menjadi lebih mudah. Tema ini bisa menjadi tema per ruangan, atau tema untuk semua ruangan pada rumah minimalis. Penentuan tema bisa merupakan tema warna atau jenis furnitur sesuai keinginan penghuni.

·         Tata setiap ruangan secara bergantian. Menata rumah secara keseluruhan akan menjadi lebih sulit untuk dikerjakan tanpa bantuan konsultan. Maka sebaiknya, penataan rumah dilakukan secara bergantian untuk tiap ruangan sehingga penataan rumah dapat berjalan dengan lebih fokus dan teratur.

·         Pilih furnitur yang fungsional dan efisien. Selain berdasarkan tema yang telah dipilih, furnitur harus dipilih berdasarkan fungsinya. Furnitur yang lebih fungsional pastinya akan memiliki manfaat lebih besar. Lebih baik lagi bila memilih furnitur yang multifungsi sehingga lebih efisien karena akan dapat menyisakan lebih banyak ruang.

·         Singkirkan benda yang kurang fungsional. Selain tidak berguna, benda yang kurang fungsional dapat membuat rumah minimalis menjadi terlihat penuh dan sempit. Oleh karena itu, pastikan hanya furnitur yang bermanfaat saja yang ada di ruangan.

·         Bersihkan dinding dan lantai dari benda yang tidak diperlukan. Sisakan hanya satu atau dua hiasan atau furnitur pada dinding , sehingga dinding dapat terlihat lebih luas. Pastikan juga bahwa di lantai tidak ada barang yang menumpuk atau saling menutupi satu sama lain, karena selain dapat mengurangi nilai estetika barang-barang itu juga dapat menyebabkan ruangan terlihat berantakan.
 
·         Pilih furnitur dengan desain indah. Pemilihan furnitur dengan nilai estetika tinggi akan membuat ruangan menjadi lebih indah. Dengan memilih furnitur yang indah, ruangan juga tidak memerlukan banyak hiasan karena furniturnya sudah memiliki nilai estetika yang tinggi.

·         Gunakan hiasan pada beberapa sudut ruangan. Walau tidak memiliki fungsi yang berarti, hiasan seperti pot atau vas bunga dapat berfungsi sebagai aksen bagi ruangan di rumah berdesain minimalis. Pastikan juga hiasan yang dipilih sesuai dengan tema tiap ruangan.

·         Pastikan kebutuhan cahaya dan ventilasi ruangan cukup. Jangan sampai ruangan yang didesain sedemikian indahnya menjadi sesak dan gelap karena kurangnya pencahayaan dan sirkulasi udara. Jangan tutupi ventilasi dan jendela dengan furnitur besar seperti lemari, karena ruangan bisa menjadi kurang nyaman.

·         Gunakan gudang atau ruang penyimpanan. Dengan menggunakan gudang untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai, rumah akan menjadi lebih rapi. Penggunaan gudang juga akan membuat barang-barang menjadi tidak berantakan sehingga membuat tiap ruangan di rumah dengan desain minimalis lebih luas dan nyaman dihuni.

·         Ciptakan Kondisi Ruangan yang Selalu Bersih. Kesemrawutan ruangan menjadi faktor utama timbulnya rasa membosankan, bahkan menimbulkan kesan stres. Pelan-pelan cobalah atur barang-barang yang tidak penting dalam interior rumah minimalis anda. Pada prinsipnya, konsep desain interior rumah minimalis selalu mengedepankan kesan simpel dan sederhana, sehingga masing-masing desain diterapkan sesuai dengan fungsinya terhadap ruang tersebut. Untuk menghindari kesan semrawut dan berantakan, maka anda harus benar-benar dapat memilih barang-barang mana yang sesuai untuk kebutuhan ruang di rumah minimalis anda. Sembunyikanlah barang-barang yang tidak sangat penting dalam laci atau dapat disembunyikan dengan penataan yang baik dibelakang lemari. Atau dapat juga menyediakan kotak-kotak atau keranjang spesial sesuai spesifik barang-barang anda.

Demikian beberapa tips di atas semoga bermanfaat untuk anda dalam menciptakan hunian minimalis yang nyaman.













Read More

Desain Rumah Modern Mewah

Posting pada 20 Dec 2016

Untuk golongan orang-orang yang memiliki banyak uang tentunya rumah mewah dan megah menjadi pilihan untuk dijadikan tempat tinggal bersama keluarga. Desain rumah modern mewah memang cenderung mengusung konsep kelas elite.

Memiliki desain rumah modern mewah, bagi sebagian orang bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Namun kenyamanan juga harus dipertimbangkan, agar rumah menjadi hunian yang membuat seluruh anggota keluarga merasa nyaman.

Seringkali ketika mendengar desain rumah modern mewah yang terbayang dalam benak kita pastinya sebuah rumah bertingkat  dengan banyak tiang megah dan isi rumah yang serba mewah di dalamnya. Padahal, rumah mewah itu tidak melulu soal rumah bertingkat karena buktinya banyak desain rumah mewah yang hanya satu lantai dan tetap terlihat mewah. Kali ini  kita akan mencoba memahami beberapa desain rumah mewah modern.

Untuk ciri desain rumah mewah modern sebenarnya tidak ada ciri yang khusus, karena kesan mewah untuk tiap orang akan berbeda takarannya. Namun, biasanya rumah mewah modern memiliki unsur-unsur yang memang terlihat mewah atau bahkan glamor baik dari segi desain mau pun perabotan rumah tangganya. Biasanya desain rumah mewah modern terlihat pada desain rumah minimalis.

Hal penting yang harus diperhatikan saat membuat rumah mewah anda atau mewujudkan rumah impian anda adalah masalah budget yang tersedia. Hal ini sangat penting, karena dalam membangun rumah seringkali jika budget tidak direncanakan dengan matang maka akan mengganggu keuangan keluarga. Baiklah, ketika anda sudah menyiapkan anggaran, baru anda mulai dengan bagaimana membangunnya, apakah anda akan menyewa jasa seorang arsitek-kontraktor? Atau jasa arsitek terlebih dahulu? Atau apakah anda benar-benar percaya kemampuan merancang anda sendiri?  






Read More